Pekanbaru (ANTARA) - Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pekanbaru Dede Firmansyah mengatakan pihaknya telah menyiapkan 15 titik penyelenggaraan Shalat Idul Fitri 1444 Hijriah di Kota Pekanbaru, pada Jumat (21/4) 2023, sesuai penetapan Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

"Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pekanbaru akan merayakan Idul Fitri 1444 Hijriah/2023 Masehi kemungkinan berbeda dengan Pemerintah. Pemerintah menunggu sidang isbat pada Kamis 29 Ramadhan 1444 H, 20/4/2023 M," kata Dede Firmansyah di Pekanbaru, Selasa.

Ia mengatakan Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI hingga saat ini belum mengumumkan kapan Lebaran 2023 atau Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Penentuan kapan Lebaran biasanya berdasarkan pada hasil sidang isbat yang biasa digelar menjelang Syawal atau pada 29 Ramadhan yang jatuh pada 20 April 2023.

Sedangkan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, kata Dede, sudah mengumumkan kapan Hari Raya Idul Fitri 2023/1 Syawal 1444 H melalui hasil hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1444 H pada Februari 2023.

Baca juga: Warga Muhammadiyah di Sukabumi dipastikan difasilitasi shalat id

Baca juga: Mahfud MD ajak bangun kerukunan di tengah potensi perbedaan Idul Fitri


"Hasilnya, Muhammadiyah menetapkan Lebaran Idul Fitri atau 1 Syawal 1444 H jatuh pada 21 April 2023. Kendati ada perbedaan hari perayaan, namun tujuan tetap sama yakni menyambut hari nan suci setelah kita menunaikan ibadah puasa sebulan," katanya.

Sampai saat ini, kata Dede, panitia sudah menyiapkan 15 lokasi penyelenggaraan Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriyah di Lingkungan Muhammadiyah yang informasikan oleh Majelis Tabligh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Pekanbaru.

Beberapa lokasi, di antaranya, Masjid Taqwa Muhammadiyah Pasar Pusat, di Jln. HOS Cokroaminoto dengan khatib DR. H. Tukiman Kateni, Lc., MA dan imam sholat Arfanuddin, S.Ag., di Masjid Al-Fida’ Muhammadiyah di Jln. KH. Ahmad Dahlan No.86 A Sukajadi, khatibDR. Elfiandri. M. Si, imam Sholahuddin, S.Ag.

Lalu, di Masjid Taqwa Muhammadiyah (Pasar Cik Puan) Komplek Panti Asuhan Putera Muhammadiyah Pekanbaru, di Pasar Cik Puan dengan khatib dan imam sholat Dian Oka Putra, M.Sy. dan di Masjid Taqwa Muhammadiyah (Srikandi) di Jln. Srikandi, Tampan. Khatib dan imam Wildan Fata Mubarak, S.Pd. Al-Hafidz.*

Baca juga: Pemkot Pekalongan dan Sukabumi beri izin Fasum untuk Shalat Id

Baca juga: Muhammadiyah: Fasum harusnya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat

Pewarta: Frislidia
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023