Jakarta (ANTARA News) - Perempuan wartawan harus memperhatikan isu kesetaraan gender di dalam parlemen maupun partai politik (parpol), kata Ketua Dewan Pers, Bagir Manan.

"Secara hukum memang ditentukan bahwa 30 persen anggota DPR itu wanita, tapi faktanya sampai sekarang belum tercapai," ujarnya dalam sambutan "Sarasehan Jurnalis Perempuan" di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, hal itu terjadi karena di dalam partai politik posisi perempuan hanya dicari sekedarnya saja atau belum menjadi prioritas.

Namun demikian, mantan Ketua Mahkamah Agung itu menilai, hingga saat ini ada suatu kemajuan signifikan di dalam keterwakilan perempuan di parlemen maupun di parpol.

Ia mengatakan, perempuan wartawan harus memberikan pengetahuan tentang bagaimana cara memilih di dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) maupun pemilihan umum (pemilu), karena dengan dibekali pengetahuan yang cukup perempuan akan memilih pemimpin secara baik dan benar.

"Jumlah pemilih wanita lebih banyak dari laki-laki, misalnya pada 2014 akan ada pemilu. Kalau melihat jumlah itu semestinya anggota DPR perempuan lebih banyak dari laki-laki," ujarnya.

Selain itu, menurut dia, "Ibu-ibu kita sebaiknya memilih dengan pengetahuan yang cukup untuk mencoblos sehingga harus menjadi concern bagi jurnalis perempuan untuk menggarapnya."
(T.A063/R010)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2012