pemudik juga mendapatkan bingkisan berupa topi, kaos, makanan ringan untuk berbuka puasa, vitamin, dan sanitary kit
Banda Aceh (ANTARA) - PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) melepas keberangkatan para pemudik yang ikut dalam Program Mudik Bersama BUMN 2023 dengan moda transportasi minibus bertempat di Gapura Pupuk Iskandar Muda Lhokseumawe.

Direktur Operasi dan Produksi PIM Jaka Kirwanto di Lhokseumawe, Selasa, mengatakan BUMN mengusung tema mudik bersama bertajuk Mudik Dinanti, Mudik di Hati Bersama BUMN 2023. Program ini sebagai bentuk bakti BUMN untuk mewujudkan perayaan mudik yang aman, nyaman, lancar dan nol kecelakaan.

“Kita berdoa untuk semua pemudik agar diberikan kesehatan dan keselamatan sehingga bisa berkumpul dan bersilaturahmi bersama keluarga di kampung halaman,” kata Jaka.

Dalam kegiatan tersebut, PIM membuka tiga rute mudik yaitu Krueng Geukueh - Medan, Krueng Geukueh - Banda Aceh, dan Banda Aceh - Lhoksukon. Total sarana transportasi yang disiapkan sebanyak 15 minibus.

Pada mudik 2023 ini, kata Jaka Kirwanto, PIM telah lama mempersiapkan untuk memberikan kenyamanan bagi pemudik. Seluruh pemudik juga mendapatkan bingkisan berupa topi, kaos, makanan ringan untuk berbuka puasa, vitamin, dan sanitary kit.

Baca juga: Terminal Banda Aceh berangkatkan 5.381 penumpang mudik

"Ini merupakan kedua kalinya PIM melaksanakan kegiatan mudik gratis. Sebelumnya pada tahun 2022, PIM memberangkatkan 30 peserta mudik dengan menggunakan tiga unit minibus," katanya.

Jaka juga menambahkan, program mudik gratis ini merupakan bentuk bakti BUMN untuk mewujudkan perayaan mudik yang aman, nyaman, lancar dan zero accident dengan berkolaborasi BUMN sebagai bentuk bakti dengan menyediakan 1.000 bus, 30 rangkaian kereta api dan tujuh kapal laut yang akan memberangkatkan 65 ribu pemudik.

“Kami berpesan juga kepada pengemudi untuk berkendara dengan aman dan selamat karena kesehatan dan keselamatan pemudik adalah hal yang paling utama dalam mendukung acara ini," katanya.

Di sisi lain, pihaknya juga meminta dukungan masyarakat agar PT PIM dapat menjalankan amanah pemerintah dengan baik dalam mendukung program ketahanan pangan nasional serta mewujudkan program transformasi bisnis untuk menjadi produsen pupuk dan petrokimia solusi bagi sektor agroindustri.

"Semoga dengan adanya program gratis bersama PT PIM ini dapat membantu mengobati kerinduan masyarakat untuk kembali berkumpul dengan keluarga,” ujarnya.

Baca juga: BI minta masyarakat Aceh teliti gunakan QRIS saat berinfaq

Baca juga: Telkomsel tambah 600 BTS antisipasi kenaikan layanan data Aceh-Sumut

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023