Sebelum masa angkutan Lebaran, kami sudah instruksikan kepada Kepala UPT (Unit Pelaksana Teknis) Terminal, untuk memberikan ruang tambahan untuk penumpang menunggu
Jakarta (ANTARA) - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo memastikan penambahan ruang tunggu bagi pemudik saat meninjau Terminal Kalideres, Jakarta Barat.

"Sebelum masa angkutan Lebaran, kami sudah instruksikan kepada Kepala UPT (Unit Pelaksana Teknis) Terminal, untuk memberikan ruang tambahan untuk penumpang menunggu," ujar Syafrin, di Jakarta, Selasa.

Syafrin mengatakan Terminal Kalideres masih merupakan terminal konvensional, sehingga untuk mengatasi penumpukan pemudik, pihaknya menginstruksikan penambahan ruang tunggu.

Ia juga mengantisipasi lonjakan pemudik yang berangkat dari Terminal Kalideres, yang diperkirakan sekitar lebih dari 2.400 penumpang pada hari pertama cuti bersama Lebaran pada Rabu (19/4).

Baca juga: Kadishub DKI sebut penumpang Terminal Kalideres naik 100 persen

"Proyeksi kami puncak pengguna bus itu akan terjadi pada esok hari, pada tanggal 19, karena sebagian masyarakat hari ini masih masuk kantor, masih bekerja," ujarnya. 

Selain tambahan ruang tunggu, Kadishub DKI juga memastikan pelayanan lainnya seperti ruang istirahat dan cek kesehatan bagi pengemudi dan juga pelayanan kesehatan lainnya bagi masyarakat yang siap berangkat untuk ke pulang kampung dari Posko Palang Merah Indonesia (PMI).

Syafrin menyebut akan ada peningkatan lebih dari 12 persen pemudik dibandingkan tahun 2022. Yang artinya dari total 32 juta masyarakat Jakarta, sekitar 18,3 juta warga yang akan mudik di tahun ini.

"Oleh sebab itu kami dari Dinas Perhubungan bersama stakeholder terkait mengantisipasi agar sarana angkutan yang akan digunakan oleh masyarakat terpenuhi aspek keselamatan dan keamanannya, sehingga dapat mengantarkan masyarakat ke kampung halamannya," ujar Syafrin.

Baca juga: Kadishub DKI pastikan angkutan umum tetap beroperasi layani pemudik
 
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo dan Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnaen menyapa pemudik di Terminal Kalideres, Jakarta, Selasa (18/4/2023). (Antara/Devi Nindy)

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023