Kami dapat membawa produk makanan Ceko ke pasar Indonesia, dan kami bisa meningkatkan investasi di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Perdana Menteri (PM) Republik Ceko Petr Fiala meyakini kerja sama atau kemitraan baru dalam bidang ekonomi dengan Indonesia akan tercipta setelah pertemuannya dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa.

“Hari ini Pak Presiden (Joko Widodo) dan saya berhasil mendiskusikan sejumlah kerja sama, dan saya percaya kami bisa lebih bekerja sama di area baru, bidang yang baru, yang dapat kami kerja samakan,” kata PM Fiala dalam konferensi pers bersama dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa.

Dalam kunjungan ke Istana Kepresidenan Bogor, Selasa ini, PM Fiala juga didampingi perwakilan perusahaan besar Ceko yang ingin menjajaki dan memperluas bisnis dengan Indonesia.

Ceko saat ini, kata Fiala, mengimpor dari Indonesia senilai 637 dolar AS. Sedangkan ekspor tradisional Ceko ke Indonesia berasal dari sektor energi, peralatan medis dan produk aviasi.

Dalam lawatan ke Indonesia ini, kata dia, delegasi Ceko membawa banyak kesempatan dan peluang kerja sama.

Baca juga: Indonesia undang Ceko berinvestasi di IKN Nusantara
 

“Kami dapat membawa produk makanan Ceko ke pasar Indonesia, dan kami bisa meningkatkan investasi di Indonesia,” ujarnya.

PM Fiala juga menyambut baik kemitraan dengan Indonesia di bidang keamanan dan pertahanan. Dia mengapresiasi perusahaan Ceko yang mengirimkan produk pertahanan seperti pesawat L-410 NG ke Indonesia.

“Saya senang kami telah memiliki joint venture dan kerja sama teknis. Saya harap kita dapat terus bekerja sama di bidang keamanan, pertahanan, dan pertahanan siber,” kata PM Fiala.

Selain memboyong sejumlah perwakilan perusahaan, dalam kunjungan ke Istana Kepresidenan Bogor, Selasa, PM Petr Fiala turut didampingi sejumlah pejabat seperti Kepala Kantor Pemerintahan Ceko Jana Kotalikova, Direktur Jenderal Seksi Kantor PM Ceko Petra Fojtikova.

Juga Penasihat Keamanan Nasional Ceko Tomas Pojak, Juru Bicara Pemerintah Ceko Vaclav Smolka, Direktur Departemen Asia Kementerian Luar Negeri Ceko Marek Libricky, dan Duta Besar Ceko untuk RI Jaroslav Dolecek.

Sementara itu, turut mendampingi Presiden Jokowi dalam menerima kunjungan PM Ceko yakni Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga dan Duta Besar RI untuk Republik Ceko Kenssy D. Ekaningsih.

Baca juga: KLHK-Republik Ceko kerja sama dorong perlindungan satwa liar

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023