Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Selasa (18/4), mulai dari Presiden RI Joko Widodo menerima kunjungan resmi Perdana Menteri Republik Ceko Petr Fiala hingga Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono meningkatkan operasi militer menjadi operasi siaga tempur di beberapa daerah rawan aksi teror di Papua.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA.

1. Presiden Jokowi terima kunjungan resmi PM Ceko Petr Fiala

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan resmi Perdana Menteri Republik Ceko Petr Fiala di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa.

PM Fiala tiba di Istana Bogor sekira pukul 16.10 WIB diiringi dengan pasukan berkuda.

Selengkapnya baca di sini.

2. Mahfud MD ajak bangun kerukunan di tengah potensi perbedaan Idul Fitri

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengajak semua pihak untuk selalu membangun kerukunan di tengah potensi perbedaan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Oleh karena itu, Mahfud menegaskan imbauan agar pemerintah daerah (pemda) mengakomodasi penggunaan fasilitas publik untuk pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1444 Hijriah atau 2023 Masehi pekan ini.

Selengkapnya baca di sini.

3. Panglima TNI terapkan operasi siaga tempur di daerah rawan Papua

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono meningkatkan operasi militer yang mulanya menggunakan pendekatan halus (soft approach) menjadi operasi siaga tempur di beberapa daerah dianggap rawan aksi teror kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua.

Yudo menjelaskan peningkatan operasi militer itu bertujuan untuk memperkuat naluri tempur para prajurit, sehingga mereka selalu siaga saat berhadapan dengan KKB.

Selengkapnya baca di sini.

4. Panglima TNI: Pencarian terhadap pilot Susi Air terus dilakukan

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menegaskan pencarian pilot Susi Air yang disandera KKB akan terus dilakukan hingga berhasil dibebaskan.

"Pencarian akan terus dilakukan hingga pilot berkebangsaan Selandia Baru itu ditemukan dan dibebaskan dalam keadaan selamat," kata Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono di Timika, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.

5. KPU tetapkan total DPS Pemilu 2024 lebih 205 juta orang

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan total pemilih yang masuk dalam daftar pemilih sementara (DPS) untuk Pemilu 2024, baik di dalam maupun luar negeri, mencapai 205.853.518 orang.

"Pada akhirnya, jumlah daftar pemilih sementara kita adalah 205.853.518," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPS Tingkat Nasional Pemilu 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Sigit Pinardi
Copyright © ANTARA 2023