Sebanyak 15 motor yang dititipkan di Rukun Warga (RW) juga kita geser ke Polsek Setiabudi agar lebih aman
Jakarta (ANTARA) - Kepolisian melaksanakan patroli di Kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, termasuk di Jalan Karet Karya RT01/07 Karet untuk mencegah pencurian di rumah kosong selama pemiliknya mudik Lebaran 2023.

"Kegiatan ini merupakan bagian giat Operasi Ketupat Jaya 2023 untuk mengantisipasi terjadinya pencurian dan kebakaran," kata Kapolsek Metro Setiabudi Kompol Arif Purnama Oktora di Jakarta, Selasa.

Arif menerangkan kegiatan patroli ini dilaksanakan bersama Satpol PP, Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), perangkat Rukun Tetangga (RT) serta warga setempat yang tidak mudik pada lebaran ini.

Patroli malam dilakukan sejak H-7 hingga H+7 dengan sasaran rumah warga yang ditinggal mudik dan area penitipan kendaraan.

Baca juga: Polda Metro Jaya siapkan layanan penitipan kendaraan secara gratis

Satu persatu rumah yang ditinggal mudik pemiliknya dilakukan pengecekan dengan teliti oleh polisi dan warga termasuk memastikan gembok pengaman serta aliran listriknya.

"Sampai saat ini sudah ada empat keluarga yang menitipkan rumah dan dua ditemukan belum digembok karena pemilik kelupaan," katanya.

Untuk memastikan keamanan, Kepolisian memasangkan gembok pada pagar kedua rumah tersebut agar tidak mengundang kejahatan.

Baca juga: Polres Jakbar sediakan sembilan lokasi penitipan kendaraan

Selain pengecekan rumah, pihaknya juga mengecek motor, lokasi parkir hingga tempat penitipan kendaraan warga yang ditinggal mudik.

"Sebanyak 15 motor yang dititipkan di Rukun Warga (RW) juga kita geser ke Polsek Setiabudi agar lebih aman," katanya.

Polsek Setiabudi telah menyediakan parkir gratis khusus kendaraan roda dua milik warga setempat. Kantor Polsek, Polres hingga Polda Metro Jaya juga menyediakan lokasi penitipan kendaraan.

Menurut dia, penitip kendaraan tersebut kebanyakan merupakan warga yang mudik dan akan diambil ketika masa liburan bersama selesai.

"Bagi warga yang akan menitipkan sepeda motor cukup membawa KTP dan STNK kendaraan yang akan dititipkan," katanya.

Baca juga: Polda Metro Jaya imbau kantor polisi jadi penitipan kendaraan pemudik

Kepolisian Sektor (Polsek) di Jakarta Selatan juga menyediakan pos untuk penitip kendaraan bagi para pemudik.
 
"Kami sudah menyediakan pos pelayanan di setiap Polsek untuk penitipan rumah dan kendaraan pemudik tahun ini," ungkap ​​​Wakapolres Metro Jakarta Selatan, AKBP Harun usai apel gelar pasukan operasi ketupat jaya di Polres Metro Jakarta Selatan, Senin (17/4).
 
Harun menuturkan pos-pos tersebut tersebar ke beberapa daerah di Jakarta Selatan, seperti Tebet, Ragunan dan Setu Babakan.
 
Personel yang disiapkan berjumlah 1292 orang, dengan perincian 664 personel Polri, 483 personel Pemda dan 165 personel TNI.
 

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023