Pengambilan sampel tersebut untuk memeriksa apakah menu-menu makanan tersebut layak untuk dikonsumsi calon penumpang mudik yang menunggu di terminal tersebut
Manado (ANTARA) - Balai Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL) Kelas 1 Manado melakukan pemantauan kualitas makanan dan minuman di Terminal Malalayang Manado, Sulawesi Utara (Sulut), Selasa, khususnya untuk dikonsumsi penumpang pemudik Idul Fitri (Lebaran) 1444 Hijriah/2023.

Koordinator Tim III BTKL Manado, Dewi Oktavia di sela-sela pemantauan itu mengatakan pada kegiatan ini, pihaknya mengambil sampel makanan pada beberapa titik rumah makan di terminal itu.

"Sampel makanan itu nantinya akan dilakukan pemeriksaan di Laboratorium BTKL Manado, dan hasilnya langsung dikirim ke Kementerian Kesehatan," katanya.

Dewi mengatakan, pengambilan sampel tersebut untuk memeriksa apakah menu-menu makanan tersebut layak untuk dikonsumsi calon penumpang mudik yang menunggu di terminal tersebut.

"Para penumpang yang menunggu untuk berangkat pasti akan makan di warung-warung yang ada di terminal tersebut. Pemeriksaan itu untuk mengetahui apakah makanan itu aman dan sehat," katanya.

Dia mencontohkan pada pengambilan sampel tersebut, BTKL mengambil bahan mentah seperti daging, untuk diperiksa apakah mengandung boraks atau tidak.

"Selain makanan, kita juga melakukan pengambilan sampel air siap diminum untuk diperiksa," kata Dewi didampingi Aulyadi salah seorang staf BTKL Manado.

Menurut dia, dalam pengambilan sampel tersebut, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Manado dan puskesmas di wilayah tersebut.

Selain pemantauan terhadap kualitas makanan dan minuman, tim BTKL Manado tersebut juga melaksanakan pemantauan kualitas udara di terminal tersebut, demikian Dewi Oktavia.

Baca juga: Terminal Malalayang Manado siapkan 99 bus untuk mudik

Baca juga: Arus mudik di tol Manado-Bitung mulai meningkat

Baca juga: Resep sajian Ramadhan: Ikan salmon saus woku belanga khas Manado

Baca juga: BPOM Manado luncurkan "Ayo Cek Klik" awasi peredaran obat-makanan

 

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023