Jakarta (ANTARA) -
Dexa Medica membagikan produk vitamin, suplemen, dan obat-obatan gratis di sejumlah jalur mudik guna mendukung kesehatan para pemudik melalui kampanye "Mudik Bareng Stimuno".
 
"Ini sebagai bentuk kampanye obat sirup aman dan juga mendukung kesehatan para pemudik di saat naiknya angka kasus COVID-19," kata Direktur Pemasaran dan Penjualan Kesehatan Konsumen Dexa Medica Maret Yudianto dalam siaran pers pada Rabu.

Pembagian vitamin, suplemen, dan obat-obatan merupakan salah satu cara bagi Dexa Medica untuk mengampanyekan obat sirup aman dan juga mendukung kesehatan para pemudik di saat naiknya angka kasus COVID-19. Produk yang dibagikan berupa  Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) Fitofarmaka, Stimuno dan HerbaVOMITZ di 10 titik yakni Terminal Pulogebang, Stasiun Senen, dan Stasiun Gambir pada Jumat (14/4).

Kemudian pada Minggu (16/4), pembagian vitamin dan obat dilakukan di Pelabuhan Merak dan Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta. Dexa Medica akan melakukan pembagian obat di beberapa Rest Area yakni di KM 57, KM 88, KM 166, dan KM 478 pada Rabu.

"Sebanyak 50.000-70.000 produk setiap harinya di 10 titik," kata Maret. soal jumlah produk yang dibagikan.

Baca juga: Pakar gizi bagikan tips membawa bekal yang sehat untuk mudik

Dexa Medica menjamin produk yang dibagikan kepada pemudik sudah mengantongi sertifikat halal.

"Saat mudik lebaran 2023 ini, kasus COVID-19 kembali meningkat. Oleh karenanya kita tetap perlu waspada karena biasanya saat mudik, daya tahan tubuh kita cenderung menurun akibat aktivitas mudik yang melelahkan. Kondisi ini membuat tubuh kita sangat rentan terserang virus terutama COVID 19," kata Maret.

OMAI masuk dalam Pedoman Tata Laksana COVID-19 sebagai salah satu terapi bagi pasien. Pedoman tersebut disusun oleh liima organisasi kedokteran Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI), Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), Perhimpunan Dokter Anestesiologi dan Terapi Intensif Indonesia (PERDATIN), dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

"Harapan dengan dilakukannya event ini adalah masyarakat dapat mudik ke kampung halamannya tanpa perlu khawatir sakit selama tetap dibarengi dengan menjalankan protokol kesehatan," kata Maret.

Baca juga: Dinkes lakukan pemeriksaan medis bagi pemudik di terminal Cianjur

Baca juga: Mahfud MD imbau masyarakat tetap patuh prokes selama jalani mudik

​​​​​​​
Baca juga: Epidemiolog ingatkan pentingnya prokes dan "booster" saat Lebaran

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023