Selama perjalanan mudik tersebut, ibu satu anak itu mengakui hanya sekadar istirahat ketika merasa kelelahan, baik di tempat ibadah maupun SPBU karena ingin perjalanan mudiknya selamat sampai tujuan di kota kelahiran Raden Ajeng Kartini, Jepara
Kudus, Jateng (ANTARA) - Perempuan asal Desa Clering, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Ulfiatun, rela mengendarai sepeda motor seorang diri dari Tangerang, Provinsi Banten, demi merayakan Lebaran (Idul Fitri) 1444 Hijriah/2023 di daerah asalnya.

Untuk menandai bahwa dirinya merupakan pemudik, maka sepeda motornya pun dihiasi dengan boneka katak dan membawa boks motor yang posisinya lebih tinggi dari tempat duduknya agar kendaraan di belakang mudah mengetahuinya.

"Iya memang sengaja saya pasang boneka dan stiker pantul cahaya dengan posisi lebih tinggi dari tempat duduk agar kendaraan di belakang mengetahui bahwa ada kendaraan roda di depannya," kata Ulifatun (46), pemudik dari Tangerang ketika ditemui saat melintasi Jalan Lingkar Timur Kudus, Rabu.

Meskipun hanya mengendarai sepeda motor, dia mengakui, membawa barang bawaan cukup banyak, mulai dari sepatu, pakaian dan oleh-oleh dari Tangerang.

Ia mengakui berangkat dari Tangerang pada hari Selasa (18/4) pukul 14.00 WIB bersama rombongan pemudik sepeda motor lainnya yang juga tujuan Jawa Tengah.

Akan tetapi, kata dia, ketika sampai di Brebes sudah pisah sesuai tempat tujuan masing-masing. Sedangkan tiba di Kudus pukul 10.30 WIB.

Selama perjalanan mudik tersebut, ibu satu anak itu mengakui hanya sekadar istirahat ketika merasa kelelahan, baik di tempat ibadah maupun SPBU karena ingin perjalanan mudiknya selamat sampai tujuan di kota kelahiran Raden Ajeng Kartini, Jepara.

Mudik dengan bersepeda motor memang lebih murah dibandingkan naik bus yang tiketnya sangat mahal, namun juga penuh dengan risiko di jalanan ketika kondisi badan tidak fit. Akan tetapi, perempuan berusia 46 tahun itu membuktikan dirinya mampu berkendara dari Tangerang hingga Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara dengan selamat.

Keberanian Ulifatun tersebut, tentunya hampir mirip dengan tekad yang dimiliki Raden Ajeng Kartini, yakni memiliki tekad yang bulat dan pantang menyerah. Kondisi keuangan yang kurang mendukung tidak menyurutkan niatnya untuk bertemu keluarganya di rumah meskipun harus berkendara dengan jarak sekitar 642 kilometer dari Kota Tangerang, Banten hingga Clering, Kabupaten Jepara. 

Baca juga: Kapal penyeberangan Jepara-Karimunjawa tetap beroperasi selama Lebaran

Baca juga: Polda Jateng beri pengawalan pemudik bersepeda motor

Baca juga: Sejumlah pemudik motor mulai singgahi kawasan Alas Roban Jateng

Baca juga: Pemudik bersepeda motor mulai meramaikan jalur selatan Jateng

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023