Saya mengharapkan di masa mendatang Mudik Bersama BUMN dapat dilakukan secara masif dan lebih banyak masyarakat ekonomi kelas bawah disasar dari program ini
Jakarta (ANTARA) -
Pengamat kebijakan publik Trubus Rahardiansah mengapresiasi kegiatan Mudik Bersama BUMN yang diinisiasi oleh Menteri BUMN Erick Thohir.
 
“Mudik Bersama BUMN ini sudah sangat bagus. Saya mengharapkan di masa mendatang Mudik Bersama BUMN dapat dilakukan secara masif dan lebih banyak masyarakat ekonomi kelas bawah disasar dari program ini," kata Trubus, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.
 
Menurut dia, program Mudik Bersama BUMN itu dapat membantu perekonomian masyarakat kelas menengah ke bawah dan meningkatkan perekonomian di daerah.
 
Di samping itu, Direktur Pusat Kajian Kebijakan Publik Universitas Trisakti itu juga menilai kegiatan Mudik Bersama BUMN mampu mengurangi angka kemacetan di jalan raya selama mudik Lebaran 2023 sekaligus menekan angka korban jiwa, dalam hal ini terkait dengan pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua.
 
Ke depannya, Trubus berharap pula kegiatan Mudik Bersama BUMN dapat meniadakan masyarakat kelas menengah ke bawah yang menggunakan kendaraan roda dua untuk mudik.
 
"Masih banyak masyarakat kelas menengah bawah yang masih mudik dengan menggunakan kendaraan roda dua. Saya mengharapkan kepada Menteri Erick agar ke depannya sasaran kegiatan Mudik Bersama BUMN diperluas jangkauannya kepada masyarakat kelas menengah bawah,” kata dia.
 
Berikutnya, Trubus menyarankan kepada pemerintah pusat dan BUMN untuk memfasilitasi transportasi balik para pemudik. Menurut dia, kegiatan mudik dan balik bersama itu menunjukkan kehadiran negara dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
 
“Ke depannya, mungkin harus dibuatkan program Mudik dan Balik Bersama BUMN. Dengan Mudik dan Balik Bersama BUMN ini, nantinya BUMN tak hanya menjalankan program sosial, tetapi juga menjalankan program kemanusiaan,” ujar dia.
Baca juga: PNM memberangkatkan nasabah dan karyawan dalam Mudik Bersama BUMN 2023
Baca juga: BNI memeriahkan Mudik Bersama BUMN 2023 lepas 67.223 pemudik
Baca juga: Pertamina berangkatkan 3.000 orang program Mudik Gratis Bersama BUMN

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023