Jakarta (ANTARA) — PT Jasa Marga (Persero) Tbk melepas keberangkatan 1.226 pemudik ke berbagai daerah tujuan di program mudik gratis BUMN yang mengusung tema “Mudik Asyik Bersama BUMN 2024”.

Direktur Human Capital dan Transformasi Jasa Marga Bagus Cahya A.B. menyampaikan, program ini menunjukkan komitmen Jasa Marga untuk mendukung penyelenggaraan mudik yang lancar, aman dan nyaman yang juga mengutamakan keselamatan masyarakat saat arus mudik lebaran, sehingga masyarakat dapat beralih menggunakan moda transportasi yang lebih aman.

“Kami juga mengimbau seluruh peserta agar tetap menjaga ketertiban, kebersihan, serta menjaga keluarga dan juga barang bawaan selama perjalanan. Semoga perjalanan mudiknya lancar, aman dan nyaman, selamat sampai kota tujuan menuju kampung halaman masing-masing,” ujar Bagus.

Jasa Marga mengerahkan 25 armada bus yang diberangkatkan pada program mudik tahun ini, menuju ke berbagai daerah tujuan mudik di Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur, seperti Semarang, Solo, Yogyakarta, dan Surabaya. 

Bagus juga berharap program mudik gratis tahun ini berjalan lancar dan menyenangkan sesuai dengan jargon yang digaungkan oleh pemerintah yakni, Mudik Ceria Penuh Makna, serta dapat memberikan kemudahan untuk mudik kepada para pekerja pendukung aktivitas perusahaan dan juga masyarakat sekitar jalan tol beserta keluarga.

Program ini juga selaras dengan program Pemerintah yang meminta masyarakat untuk tidak mudik menggunakan transportasi sepeda motor. Hal ini karena berkendara dengan sepeda motor tidak didesain untuk perjalanan jauh serta risiko terjadinya kecelakaan lalulintas yang melibatkan sepeda motor juga sangat tinggi.

Mardiyo, salah satu pemudik asal Jakarta Timur yang akan menuju kota Surabaya mengatakan, tahun 2024 ini merupakan kali pertama dirinya mengikuti program mudik gratis yang diadakan oleh BUMN khususnya dari Jasa Marga, ia mengaku sangat terbantu dengan pelayanan yang didapatkan, mulai dari pendaftaran hingga registrasi ulang yang begitu mudah.

“Saya pribadi bersama keluarga sangat terbantu dengan adanya program mudik gratis yang diadakan oleh BUMN termasuk dari Jasa Marga yang saya ikuti ini. Mulai dari pendaftaran hingga keberangkatan difasilitasi dengan baik, semoga Jasa Marga dan BUMN lainnya dapat terus mengadakan program mudik gratis ini dan meningkatkan kuota pemudik sehingga dapat membantu masyakat lebih banyak,” ujar Mardiyo.

Program Mudik Asyik Bersama BUMN bertujuan untuk membantu masyarakat ekonomi menengah ke bawah dan meminimalisir risiko kecelakaan lalu lintas dengan pengalihan penggunaan sepeda motor ke moda bus, kereta api, dan kapal. Tahun ini, setidaknya ada 88 BUMN yang turut berpartisipasi yang siap melayani lebih dari 80.215 pemudik. Para pemudik akan diberangkatkan melalui tiga moda transportasi, yakni 1.225 unit bus, 60 unit kereta api dan 15 unit Kapal Laut dengan tujuan lebih dari 200 kota yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024