Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota(Pemkot) Padang, Sumatera Barat(Sumbar) memprediksikan perputaran uang yang akan terjadi saat Festival Muaro Padang   24-27 April 2023 saat libur Idul Fitri 1444 Hijriah akan mencapai Rp1,5 triliun.

Wali Kota Padang, Hendri Septa di Padang, Rabu mengatakan saat libur lebaran ini diprediksi ada tiga juta orang yang akan menghabiskan waktu di Festival Muaro Padang yang digelar selama empat hari.

"Kita berkaca dari Rakernas Apeksi yang kita gelar beberapa waktu lalu dan terjadi perputaran uang mencapai Rp26 miliar," kata dia.

Menurut dia dengan adanya 3.000.000 pengunjung dan jika masing-masing menghabiskan uang Rp500 ribu dalam periode tersebut sehingga terjadi perputaran uang Rp1,5 triliun.

"Uang itu tentu ada di akomodasi hotel, makan minum, wisata, kuliner, restoran dan lainnya, kata dia.

Dirinya meminta seluruh ASN dan masyarakat dapat menjadi tuan rumah yang baik untuk memberikan pelayanan kepada pengunjung.

Ia mengajak pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) agar terlibat aktif dalam Festival Muaro Padang yang rencananya akan digelar saat Libur Idul Fitri 1444 Hijriah.

Dirinya berpesan kepada pelaku UMKM dan ekonomi kreatif agar tetap konsisten dalam berusaha. Perekonomian Kota Padang sebagian besar berasal dari perdagangan, UMKM, ataupun ekonomi kreatif

Pemkot Padang akan terus berupaya menggerakkan roda perekonomian di Kota Padang salah satunya dengan menghelat kegiatan agar menjadi daya tarik tersendiri sebagai ibukota Sumatera Barat.

Menurut dia ada beberapa kendala yang menyebabkan pembangunan perekonomian di Kota Padang sempat stagnan sebagai dampak pandemi selama dua tahun yang menyebabkan APBD hingga APBN di refocusing.

Namun, lanjutnya seiring berbagai upaya yang dilakukan untuk kembali mengoptimalkan perekonomian di Kota Padang mulai membaik.

Pemkot Padang memprediksi ada dua juta wisatawan yang melakukan kunjungan ke Kota Padang dan Festival Muaro Padang siap menggenjot perputaran uang.

"Maka dari itu, pelaku UMKM dan ekonomi kreatif manfaatkan kegiatan-kegiatan ini. Tidak hanya Festival Muaro Padang," kata dia.

Festival Muaro Padang sendiri akan digelar di kawasan Muaro Kota Padang dan akan menghadirkan sejumlah kegiatan diantaranya Selaju Sampan, Festival Bakcang dan Lamang Baluo, Padang Fashion Carnaval, Festival Marandang, Festival Jemur Bonsai dan Pekan Ekonomi Kreatif.

Festival ini digelar di kawasan Batang Arau Jembatan Siti Nurbaya dan Pemkot Padang akan melakukan rekayasa lalu lintas untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023