Padang (ANTARA) - Executive General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Siswanto mengatakan telah menambah titik check in bagi pemudik untuk menghindari terjadinya penumpukan di bandara.

"Dari Angkasa Pura II dan pihak maskapai sudah menyiapkan beberapa langkah, salah satunya menyiapkan self check in di beberapa titik," kata Siswanto di Kabupaten Padang Pariaman, Rabu.

Baca juga: Angkasa Pura: Peningkatan arus mudik di BIM mulai signifikan 15 April

Saat ini,  pihak Angkasa Pura II menyiapkan dua titik fasilitas self check in di luar maupun di dalam bandara yang diperuntukkan bagi calon penumpang. Jika terjadi lonjakan jumlah pemudik, pihaknya akan menambah fasilitas self check in guna menghindari tumpukan penumpang.

"Itu salah satu cara agar tidak terjadi antrean di konter check in," ujar dia.

Selain dari Angkasa Pura II, semua maskapai juga terus mensosialisasikan website check in bagi masyarakat. Melalui sosialisasi tersebut, diharapkan masyarakat sudah melakukan check in online sebelum menuju bandara.

Pada kesempatan itu, Siswanto juga menyinggung soal kesiapan moda transportasi lanjutan dari bandara, yakni kereta api dan shuttle bus.

Saat ini, lanjut dia, pihak kereta api melayani 10 hingga 12 jadwal keberangkatan dari BIM menuju Kota Padang maupun sebaliknya. Selain itu, untuk mempermudah pemudik menuju stasiun kereta api, Angkasa Pura II juga menyiapkan shuttle bus.

Baca juga: Arus kedatangan pemudik di BIM naik

Baca juga: Senator minta Sumbar jangan pesimistis BIM turun status


"Bus tersebut akan menjemput penumpang dari bandara ke stasiun kereta api bandara," ujarnya.

Selain itu, untuk memudahkan masyarakat terutama pemudik, pihak kereta api bandara juga memasang sejumlah papan informasi di kawasan BIM, termasuk menyiapkan mobil keliling (petugas keliling) yang membantu memberikan informasi ke pemudik yang baru tiba di BIM.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023