Banyumas (ANTARA) - Arus mudik yang melintas dari arah jalur pantura Jawa Tengah menuju jalur tengah dan jalur selatan Jateng yang melintas di ruas jalan Brebes-Ajibarang pada H-3 Lebaran atau Rabu sore mengalami peningkatan.

Selain karena adanya peningkatan kendaraan pemudik, arus lalu lintas di ruas Jalan Raya Ajibarang antara Simpang SPBU Ajibarang dan Simpang Taman Kota Ajibarang, Kabupaten Banyumas, juga dipadati oleh aktivitas warga yang hendak membeli takjil untuk berbuka puasa maupun berbelanja untuk kebutuhan lebaran.

Terkait dengan kondisi tersebut, petugas Polresta Banyumas di Pos Pengamanan Lebaran 2023 Simpang SPBU Ajibarang berupaya mengurai kepadatan arus kendaraan pemudik khususnya yang datang dari arah jalur pantura.

Dalam hal ini, petugas menerapkan sistem buka tutup di Simpang SPBU Ajibarang agar tidak terjadi kemacetan terutama terhadap kendaraan dari arah jalur pantura yang terlihat cukup padat.

Baca juga: Kapolri prioritaskan rekayasa lalin hingga keamanan tempat ibadah

Baca juga: Antrean kendaraan pemudik di Gilimanuk capai enam kilometer


Petugas mempersilakan kendaraan pemudik yang hendak menuju Yogyakarta atau kota di wilayah selatan Jateng untuk berbelok ke kanan arah Wangon melalui jalur selatan Jateng.

Sementara untuk kendaraan yang hendak menuju Purwokerto, Purbalingga, Banjarnegara, dan Wonosobo dipersilakan untuk tetap berjalan lurus ke arah timur melalui jalur tengah Jateng.

Bahkan, sesekali petugas meminta pengemudi untuk mempercepat laju kendaraannya ketika berbelok ke arah selatan agar tidak terjadi kemacetan.

Saat ditemui di Simpang SPBU Ajibarang, Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu mengaku belum bisa memastikan kepadatan arus tersebut sebagai puncak arus mudik di ruas Ajibarang.

"Belum tahu, kami masih koordinasi dengan Mabes Polri," katanya.
 
Salah seorang pemudik bersepeda motor dari Jakarta yang hendak menuju Purbalingga, Syarif beristirahat di Simpang SPBU Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Rabu (19/4/2023) petang. ANTARA/Sumarwoto


Sementara itu, salah seorang pemudik bersepeda motor yang hendak menuju Purbalingga, Syarif mengaku berangkat dari Ciracas, Jakarta Timur, pukul 11.00 WIB dan sampai Ajibarang pukul 18.30 WIB.

Menurut dia, arus kendaraan secara umum lancar meskipun setelah melewati daerah Songgom mulai tersendat karena kondisi jalan berliku dan agak menanjak.

"Tapi kalau arusnya terlalu lancar, ya, berisiko juga, pasti banyak kendaraan yang kebut-kebutan," kata dia yang mengendarai sepeda motor seorang diri karena istri dan anak-anaknya sudah mudik lebih dahulu dengan menggunakan bus.

Pemudik bersepeda motor lainnya, Wahyu mengaku berangkat dari Jakarta pada pukul 06.00 WIB dan sampai di Ajibarang pukul 18.15 WIB.

"Tadi sempat kena macet dan mampir di Brebes," kata dia yang hendak menuju Karangpucung, Cilacap.*

Baca juga: Kapolri cek kondisi pesawat hingga jalur bagasi di Soekarno Hatta

Baca juga: Menko PMK sebut pelaksanaan mudik secara umum berjalan baik

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023