Kondisi lalu lintas sangat lancar
Kulon Progo (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencatat volume kendaraan yang melintasi wilayah ini pada arus mudik H-3 Lebaran 2023 hingga pukul 15.00 WIB sebanyak 26.080 kendaraan.

Kepala Dinas Perhubungan Kulon Progo L Bowo Pristiyanto di Kulon Progo, Rabu mengatakan volume kendaraan yang melalui atau tiba Kulon Progo pada Rabu mengalami penurunan.

"Pada H-4 Lebaran 2023 atau pada Selasa (18/4) mencapai 41.873 kendaraan. Namun, yang kami prediksi hari ini menjadi puncak arus mudik, pada 15.00 WIB baru mencapai 26.000 kendaraan," kata Bowo Pristiyanto.

Ia mengatakan melihat data di Posko Monitoring milik Dishub Kulon Progo yang berada di Tambak, puncak arus mudik terjadi pada Selasa (18/4) dengan total 41.873 kendaraan. Namun demikian, data ini masih berubah karena data akan ditotal pada 24.00 WIB.

Baca juga: Volume kendaraan Yogyakarta-Purworejo meningkat 10.000 kendaraan

Baca juga: AP I: Puncak arus mudik di Bandara YIA tercatat 16.320 penumpang


"Kalau kendaraan pribadi baik mobil dan sepeda motor, puncak pada Selasa (18/4). Namun untuk Bus AKAP dari berbagai wilayah puncak terjadi pada hari ini. Hal ini ada tren kenaikan," katanya.

Bowo Pristiyanto mengatakan jumlah bus AKAP yang masuk mencapai 497 kendaraan. Tren pergerakan bus AKAP cukup tinggi.

"Data total belum masuk semua. Tapi trennya jumlah bus AKAP yang masuk cukup tinggi," katanya.

Lebih lanjut, Bowo mengatakan kondisi lalu lintas yang ada di wilayah ini ramai lancar. Sejauh ini tidak terjadi kecamatan. Petugas dari kepolisian sigap melakukan penguraian.

"Kondisi lalu lintas sangat lancar," katanya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Kulon Progo Tri Saktiyana mengimbau agar pemudik untuk berhati-hati dan menjaga kesehatan. Pemudik dapat memanfaatkan dengan baik fasilitas istirahat yang telah disediakan, baik di Pos Pengamanan maupun ditempat lainnya.

"Jangan paksakan melanjutkan perjalanan jika kondisi tidak memungkinkan. Karena sekarang ini sudah mulai ada peningkatan arus pemudik yang melintas," imbau Tri.

Baca juga: Kepadatan lalu lintas di Kulon Progo terpantau ramai lancar

Baca juga: AP I proyeksikan penumpang di Bandara YIA capai 12 ribu per hari

 

Pewarta: Sutarmi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023