Total pengunjung sebanyak 31.593 orang. Kami prediksi puncak kunjungan wisatawan ke Pantai Glagah terjadi hari ini dan Minggu (14/4)
Kulon Progo (ANTARA) - Sebanyak 31.593 wisatawan mengunjungi wisata Pantai Glagah di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, selama Rabu hingga Sabtu (10-13/4) pada libur Lebaran 2024.

Koordinator Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Pantai Glagah Agus Subiyanto di Kulon Progo, Sabtu, mengatakan rincian kunjungan wisatawan dalam empat hari, yakni Rabu (10/4) sebanyak 1.713 orang, Kamis (11/4) sebanyak 8.932 orang, Jumat (12/4) sebanyak 10.330 orang dan hari ini hingga 15.30 WIB sebanyak 10.618 orang.

"Total pengunjung sebanyak 31.593 orang. Kami prediksi puncak kunjungan wisatawan ke Pantai Glagah terjadi hari ini dan Minggu (14/4)," kata Agus.

Ia mengatakan pendapatan retribusi dari total kunjungan 31.593 orang sebesar Rp315,93 juta. Besaran retribusi objek wisata Pantai Glagah sebesar Rp10 ribu per orang.

"Pendapat retribusi cukup tinggi karena Pantai Glagah menjadi tujuan utama kunjungan wisatawan," katanya.

Agus mengatakan wisatawan banyak menyukai pemecah ombak Pelabuhan Tanjung Adikarto karena sangat bagus untuk tempat berfoto. Selain itu, wisatawan juga memadati kawasan laguna.

"Dua lokasi ini sangat banyak diminati wisatawan," katanya.

Sementara itu, Kapolres Kulon Progo AKBP Nunuk Setyowati mengatakan ia mengingatkan kepada pengelola peragu di Laguna Glagah untuk memberikan rompi pelampung kepada penumpang.

"Ini mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Ia juga mengimbau wisatawan untuk mematuhi larangan petugas supaya tidak mandi di bibir pantai. Saat ini, petugas sudah memasang garis kuning yang menandakan batas bermain wisatawan.

"Kami minta wisatawan mematuhi imbauan yang disampaikan oleh petugas," katanya.

Baca juga: Pemkab Kulon Progo lakukan penyesuaian tarif retribusi Glagah-Congot
Baca juga: Wisatawan memadati Pantai Glagah di Kulon Progo saat libur tahun baru
Baca juga: Dispar Kulon Progo selenggarakan pesta kembang api di Pantai Glagah

Pewarta: Sutarmi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024