Bola-bola ikan tidak berasa amis, sehingga anak-anak sangat senang mengonsumsinya.
Kulon Progo (ANTARA) - Kelompok pengolah dan/atau pemasaran hasil perikanan Wanita Mandiri Glagah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta menciptakan inovasi menu bola-bola ikan dalam lomba Gerbang Segoro yang diharapkan mendukung wisata kuliner di Pantai Glagah.

Ketua Tim Yuri Gerbang Segoro Desti Puji Lestari, di Kulon Progo, Selasa, mengapresiasi Poklasar Wanita Mandiri Glagah yang menciptakan inovasi bola-bola yang baik untuk anak-anak, sehingga mendukung pengentasan kekerdilan atau stunting.

"Bola-bola ikan tidak berasa amis, sehingga anak-anak sangat senang mengonsumsinya. Kami berharap menu ini juga mendukung program Dinas Kelautan dan Perikanan yakni Gemar Makan Ikan (Gemari)," kata Desti.

Ia mengatakan lomba Gerbang Segoro yang dilaksanakan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulon Progo di 12 kecamatan/kapanewon mampu menghasilkan berbagai inovasi menu olahan dan produk kemas berbahan ikan.

Hasil produk lomba Gerbang Segoro mulai dari cilok ikan lele, donat ikan, dan bola-bola ikan. Harapannya, anak hingga dewasa senang mengkonsumsi ikan. Untuk anak, bisa mencegah stunting.

"Kami berharap inovasi poklasar yang sudah dinilai menciptakan produk baru dan mampu meningkatkan kesejahteraan bagi anggota poklasar," katanya lagi.

Lebih lanjut, Desti yang juga sebagai perwakilan dari Hipmi Kulon Progo siap membantu untuk mempromosikan dan mendapatkan perizinan produk.

"Kami dari Hipmi Kulon Progo ada pelatihan hingga perizinan. Kami juga siap mempromosikan produk poklasar di Kulon Progo," katanya.

Ketua Poklasar Wanita Mandiri Glagah Gunarti Miharyati mengatakan bola-bola ikan ini berbahan baku ikan segar hasil tangkapan nelayan Pantai Glagah.

"Kami berharap inovasi olahan ini disukai masyarakat. Selain itu, kami berharap inovasi olahan ikan mendukung wisata kuliner di Pantai Glagah," kata dia.

Kepala DKP Kulon Progo Trenggono mengatakan lomba Gerbang Segoro ini dalam rangka menumbuhkan inovasi produk olahan siap saji maupun kemasan. Selama lomba Gerbang Segoro ini mampu menghasilkan sedikitnya, 50-an menu atau produk baru berbahan baku ikan.

"Kami berharap menu baru ini bisa mempercepat penumbuhan ekonomi wilayah. Selain itu, masyarakat semakin gemar makan ikan," katanya pula.
Baca juga: Tiga jenis kuliner unik khas Kulon Progo yang patut dicoba
Baca juga: DPRD Kulon Progo dorong pemkab jadikan Tanjung Adikarto pusat kuliner

Pewarta: Sutarmi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023