secara keseluruhan terpantau aman, lancar, tertib dan terkendali
Badung (ANTARA) - Satuan Pelayanan Terminal Mengwi mencatat sebanyak 74 unit bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) berangkat ke luar Bali dalam waktu setengah hari pada H-3 lebaran 2023.

Pelaksana Tugas Koordinator Satuan Pelayanan (Plt Korsatpel) Terminal Tipe A Mengwi Made Ardana di Kabupaten Badung, Rabu, menyampaikan 74 unit bus tersebut dicatat sejak pukul 8.00 Wita hingga 20.00 Wita, sehingga masih berpotensi adanya penambahan di H-3 Idul Fitri.

"Jumlah data produksi penumpang AKAP keberangkatan 2.235 orang, kedatangan 127 orang. Jumlah data produksi bus AKAP keberangkatan 74 unit, kedatangan sembilan unit," kata dia.

Angka ini menunjukkan adanya peningkatan pada keberangkatan penumpang pada lebaran 2023 jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2022.

Di tahun lalu, pada H-3 Idul Fitri jumlah bus yang berangkat adalah 50 unit dengan 1.180 penumpang, atau hampir separuh dari jumlah penumpang dalam 12 jam terakhir.

Baca juga: Penumpang Terminal Mengwi diprediksi capai 3.000 orang di H-3 lebaran
Baca juga: BNN tes urine supir bus dan pemudik di Terminal Mengwi Bali

Sebelumnya Ardana memprediksi bahwa H-3 lebaran akan menjadi puncak keberangkatan di Terminal Mengwi dengan estimasi 3.000 penumpang, berkaca dari kenaikan signifikan pada Selasa (18/4) kemarin.

Meskipun belum menyentuh angka tersebut, jumlah penumpang dan angkutan resmi yang melintas masih tergolong meningkat, di mana pada H-4 Idul Fitri terdapat 71 unit bus dan 2.129 penumpang.

Angka pada H-3 juga masih terus bertambah, berdasarkan pantauan di lapangan kembali tiba dan siap berangkat sebanyak dua unit bus yang mengangkut total 58 orang penumpang.

Meski beberapa kali terjadi antrean di jalur bus, tak ada kendala berat selama proses keberangkatan di Terminal Mengwi, lantaran tak membutuhkan waktu lama untuk setiap angkutan memastikan penumpangnya telah naik.

"Kondisi terminal secara keseluruhan terpantau aman, lancar, tertib dan terkendali, dan cuaca terpantau cerah," ujar Ardana.

Baca juga: Antrean kendaraan pemudik di Gilimanuk capai enam kilometer

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023