Lampung Selatan (ANTARA) - Pelabuhan Bakauheni, Lampung dipadati ratusan kendaraan roda empat pemudik yang hendak menuju Pelabuhan Merak, Banten pada H-3 Lebaran 2023, Rabu.

Pada Rabu siang, terdapat ratusan kendaraan roda empat memadati dermaga eksekutif dan reguler serta pintu masuk pengecekan kendaraan di Pelabuhan Bakauheni.

Ratusan pemudik kendaraan roda empat tersebut memadati Pelabuhan Bakauheni untuk menunggu antrean masuk ke dalam area pelabuhan.

Kendaraan roda empat di Pelabuhan Bakauheni tersebut terpantau pada pukul 11.00-13.00 WIB menunjukkan kondisi yang ramai lancar.

Sejumlah kendaraan tersebut secara bergantian diperiksa di area pengecekan oleh pihak kepolisian yang bertugas.

Baca juga: ASDP seberangkan 470.495 orang dari Jawa menuju Sumatera

Kendaraan pemudik tersebut didominasi dengan pelat nomor kendaraan dari Sumatra, yaitu BK, BE, BM, dan BG, namun terlihat juga pelat daerah di Pulau Jawa, seperti B, A, F, dan D.

Meski terjadi kepadatan kendaraan roda empat di area depan pelabuhan dan sejumlah kantong parkir dermaga eksekutif, dan reguler, hal itu tidak menimbulkan kemacetan yang panjang dan terlihat berjalan lancar dan aman.

Sebelumnya, General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Rudi Sunarko mengatakan pihaknya telah memprediksi puncak arus mudik Lebaran 2023 di Pelabuhan Bakauheni terjadi pada H-3 Lebaran.

"Diperkirakan puncak arus mudik di Pelabuhan Bakauheni terjadi pada H-3 Lebaran 2023," kata dia.

Ia mengimbau kepada pengguna jasa penyeberangan agar dapat membeli tiket Ferizy dari jauh hari.

"Jadi kami mengimbau untuk calon pemudik dari Pulau Jawa ke Sumatra dan sebaliknya yang akan menggunakan jasa penyeberangan ASDP untuk membeli tiket dari jauh hari," demikian Rudi Sunarko.

Baca juga: Menko PMK apresiasi penjualan tiket melalui aplikasi Ferizy ASDP
Baca juga: Pemudik masih terus berdatangan di Pelabuhan Bakauheni pada H-3

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023