Hanya dalam waktu setengah hari, satu koper produk yang dibawa ke ajang pameran itu habis dibeli pengunjung.
Banda Aceh (ANTARA) - Produk Inovasi dari ARC-PUIPT Nilam Aceh Universitas Syiah Kuala (USK) diborong habis hanya dalam setengah hari oleh pengunjung pameran industri terbesar Hannover Messe di Kota Hannover, Jerman.

"Hanya dalam waktu setengah hari, satu koper produk yang dibawa ke ajang pameran itu habis dibeli pengunjung," kata Kepala Atsiri Research Center (ARC) USK Syaifullah Muhammad dalam keterangannya, di Banda Aceh, Rabu.

Pameran industri terbesar di dunia yang berlangsung sejak 16 April 2023 di Kota Hannover, Jerman itu dibuka langsung oleh Kanselir Jerman Olaf Scholz dan Presiden RI Joko Widodo.

Syaifullah mengatakan, ARC-PUIPT nilam USK membawa satu koper penuh produk inovasi turunan nilam yang terdiri dari parfum, serum anti aging, skin moisturizer, facial wash, toner, body serum, body mist, bosy butter, body wash, medicated oil serta berbagai produk lainnya.

Dalam event itu, tim USK turut memberikan penjelasan terkait program nilam hulu-hilir yang telah dijalankan USK selama tujuh tahun terakhir itu.

"Ini menunjukkan bahwa kualitas produk, desain kemasan, termasuk selera konsumen internasional dapat terpenuhi oleh produk turunan nilam yang ditawarkan," ujarnya.

Syaifullah menjelaskan, strategi hingga produk terjual dengan cepat adalah adanya tester produk yang langsung dapat digunakan oleh pengunjung ke pameran itu. Setiap pengunjung disemprotkan parfum nilam, atau diaplikasikan body serum dan produk lainnya.

"Biasanya pengunjung akan pergi dulu beberapa jam, dan ujungnya mereka akan kembali, setelah membuktikan sendiri aroma parfum yang fresh, unik dan berkelas tersebut tidak hilang aromanya di badan," katanya pula.

Begitu juga dengan produk body serum, body butter dan produk lainnya, kata Syaifullah, pengunjung dapat merasakan sendiri manfaatnya, perbedaan sebelum dan beberapa jam setelah penggunaan, sehingga mereka kembali untuk memborong produk tersebut.

"Meski demikian, tidak semua yang kembali untuk membeli dapat memiliki produk. Karena sudah keburu habis. Bahkan banyak yang meminta tester agar dijual juga," ujarnya.

Konsul Jenderal RI Hamburg Ardian Wicaksono yang juga berkunjung ke stan USK juga menyampaikan apresiasi dan dukungannya terhadap pengembangan produk nilam oleh kampus jantung hati rakyat Aceh itu.

Ardian mengaku sudah lama mendengar tentang keunggulan produk nilam Aceh yang dikembangkan USK, dan baru hari ini berkesempatan menyaksikannya langsung dari Hannover Messe.

Bahkan, pihaknya melalui ITPC Hamburg akan membantu agar produk nilam dapat masuk dan dijual di Jerman.

"Saya akan minta ITPC Hamburg untuk segera kontak ARC-USK, agar bisa segera ditindaklanjuti penetrasi market Jerman untuk produk nilam" kata Ardian.

Rektor USK Prof Marwan menyampaikan kegembiraannya atas keberhasilan USK mengikuti ajang bergengsi internasional Hannover Messe yang dibuka oleh Kepala Negara Jerman dan Indonesia itu.

Apalagi, USK merupakan salah satu dari delapan perguruan tinggi Indonesia yang lolos ke Hannover Messe dari 65 yang mengikuti seleksi.

"Semoga ini menjadi kontribusi USK terhadap inovasi berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi serta peningkatan ekonomi masyarakat khususnya di Aceh," demikian Prof Marwan.
Baca juga: Di Hannover Messe, Kadin undang EU investasi industri hijau
Baca juga: Kemenperin: Hannover Messe buka kerja sama pengembangan SDM industri

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023