Merak (ANTARA) -
Kapolda Banten Irjen Pol. Rudy Heriyanto dan ​Menko PMK Muhadjir Effendy meninjau arus mudik Lebaran 1444 H/2023 di Pelabuhan Pelindo II Ciwandan, Rabu (19/4) malam.
 
Kapolda Banten Irjen Pol. Rudy Heriyanto dalam keterangan tertulisnya di Merak,Kamis, menyatakan pihaknya mendampingi Menko PMK Muhadjir Effendi beserta Pj Gubernur Banten Al Muktabar langsung mengecek kantong parkir dan menyapa serta bebincang dengan para pemudik yang menggunakan kendaraan sepeda motor dan memberikan bingkisan.
 
Rombongan itu juga melakukan pengecekan ke dermaga kemudian mengecek situasi Pelabuhan Merak.
 
Kapolda Banten mengatakan bahwa kegiatan tersebut guna mengecek pelaksanaan mudik berjalan dengan lancar.
 
"Hari ini kami kembali melaksanakan pengecekan kondisi arus mudik di Pelabuhan Pelindo II Ciwandan berjalan aman dan lancar,” kata Rudy.
 
Menurut dia, hingga Rabu (19/4) sekitar pukul 21.30 WIB jumlah kendaraan sepeda motor dan truk yang mengantri untuk memasuki kapal masih normal dan tidak terlihat adanya kendala yang menghambat kelancaran proses loading kendaraan ke dalam kapal.
 
Kondisi lancar berkat kebijakan yang menetapkan Pelabuhan Pelindo II Ciwandan khusus penyeberangan bagi sepeda motor dan truk.
 
"Tahun ini kita berlakukan Pelabuhan Pelindo II Ciwandan khusus untuk penyeberangan sepeda motor dan truk, tidak campur dengan kendaraan pribadi dan bus,” tambah Rudy.
 
Tak hanya menyapa dan menyampaikan pesan agar berhati-hati dalam perjalanan, Kapolda dan PJU Polda Banten memberikan bekal makanan berupa roti kepada pemudik.
 
Rudy menegaskan kembali komitmen Polda Banten untuk berupaya maksimalkan mengamankan arus lalu lintas dan jalur mudik.
 
"Jangan sampai ada aksi premanisme atau pencurian dengan kekerasan ataupun bajing loncat, Polda Banten berkomitmen menjaga arus mudik agar aman, lancar, dan berkesan,” ujar Rudy.

Baca juga: Pelindo turut dukung rekayasa lalin di Pelabuhan Ciwandan Banten

Baca juga: 7.562 motor menyeberang dari Jawa ke Sumatera via Pelabuhan Ciwandan

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023