... akan ada lagi jadwal penerbangan tambahan... "
Denpasar (ANTARA News) - Sebanyak empat maskapai penerbangan dalam negeri menambah jadwal penerbangan dari dan ke Bali selama libur Natal dan Tahun Baru 2013.

"Selama libur Natal dan Tahun Baru 2013 ada empat maskapai penerbangan yang telah menambah jadwal penerbangannya," kata Efferson Siregar, Ketua Posko Nataru Bandara Ngurah Rai, Sabtu.

Empat maskapai yang menambah jadwal itu adalah Garuda Indonesia, Wings, Batavia Air dan TransNusa. Dengan jumlah penambahan jadwal penerbangan sebanyak 76 kali.

Dia mengatakan, dari penambahan penerbangan tersebut tersedia tambahan sebanyak 8.848 kursi penumpang.

"Kemungkinan akan ada lagi jadwal penerbangan tambahan," ucapnya.

Dia mengimbau kepada semua pihak supaya bersama-sama lebih serius dan tanggap jika terjadi masalah. Pihak maskapai juga harus segera melakukan koordinasi atau pemberitahuan jika mengalami penundaan penerbangan sehingga penumpang mendapatkan informasi yang jelas.

Menurut dia apabila ada penerbangan yang ditunda tentu pihak maskapai harus memenuhi kewajiban kepada para penumpang sesuai aturan yang berlaku.

Berdasarkan aturan jika penundaan penerbangan sampai dua jam maka perusahaan itu harus memberikan makan kepada para penumpangnya, sedangkan bila di atas empat jam maka harus menganti rugi sebesar Rp300 ribu atau atau menyediakan tiket pengganti.

Kepala Kantor Otoritas Bandara Ngurah Rai, Y Sudoso, mengatakan, kenyamanan para penumpang harus tetap terjaga. Perusahaan maskapai penerbangan harus tetap mentaati aturan KM 25 dan KM 77.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2012