Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat agar waspada terhadap perubahan cuaca signifikan seperti hujan tiba-tiba di sertai angin kencang yang bersifat lokal di sebagian wilayah Sumatera Utara.

"Perubahan cuaca secara tiba-tiba tersebut dapat terjadi di pegunungan dan Pantai Timur Sumatera Utara dalam waktu yang singkat pada siang hingga malam hari," kata Prakirawan BBKG Wilayah I Medan, Lestari Irene Purba, Kamis.

Ia mengatakan, secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada pagi hari cerah berawan dan berpeluang hujan ringan di wilayah Langkat, Binjai, Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi dan Batubara

Siang dan sore hari cerah berawan dan berpeluang hujan ringan hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang di wilayah Sumatera Utara.

Potensi hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Langkat, Binjai, Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Batubara, Asahan, Tanjung Balai, Labuhanbatu Utara dan sekitarnya.

Malam hari berawan dan berpeluang hujan ringan hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang di wilayah Tapanuli Utara, Karo, Simalungun, Pematang Siantar, Dairi, Pakpak Bharat, Samosir, Humbang Hasundutan, Toba, Labuhanbatu Utara dan sekitarnya.

Sementara suhu udara rata-rata 15.0 – 35.0 derajat Celcius, kelembapan udara 50-95 persen, dan angin berhembus dari Barat Daya – Barat Laut dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

Pewarta: Juraidi
Editor: Maswandi
Copyright © ANTARA 2023