setelah mengalami pandemi COVID-19, sekarang saatnya UMKM bergairah lagi. Bangkit lebih kuat pulih lebih cepat
Surabaya (ANTARA) - Kolaborasi Perusahaan Daerah Pasar Surya (PDPS) dan Bank Jatim dinilai mampu membangkitkan usaha mikro kecil menengah (UMKM) selama bulan Ramadhan 1444 H di Kota Surabaya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Surabaya M. Ikhsan dalam keterangan tertulisnya di Surabaya, Kamis, mengatakan upaya yang dilakukan PDPS dan Bank Jatim adalah menggelar Festival Ramadhan di Jembatan Suroboyo dan halaman Kantor PDPS selama Ramadhan 1444 H.

"Kegiatan seperti ini sangat baik dan kerja samanya perlu ditingkatkan sebab Pemkot Surabaya sudah berkomitmen dan bertekad untuk mengangkat UMKM agar terus tumbuh dan semakin maju. Sesuai dengan arahan Pak Wali (Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi) bahwa UMKM harus naik kelas," kata Ikhsan.

Dia pun memberikan apresiasi kepada Bank Jatim yang terus berkolaborasi dengan Pemkot Surabaya. Ikhsan menjelaskan, Bank Jatim juga banyak memberikan dukungan terhadap kegiatan Pemkot Surabaya yang lain.

Ikhsan mengatakan dalam kegiatan Bazar Ramadhan, Bank Jatim juga telah memberikan subsidi atas komoditas yang dijual oleh UMKM sehingga masyarakat mendapatkan harga murah namun berkualitas baik.

Menurut dia, ada puluhan UMKM yang telah mengikuti Bazar Ramadan ini. Para pelaku UMKM tersebut ada yang berjualan beras, minyak goreng, gula, pakaian, kue lebaran, kuliner, buah-buahan, tas, sepatu dan sebagainya.

Baca juga: KAI Commuter prediksi pengguna KA lokal Surabaya meningkat saat mudik

Hampir semua stan di Festival Ramadhan diserbu pengunjung. Bahkan, ada salah satu stan yang baru dibuka, barang dagangannya langsung ludes diborong.

Sementara itu, Direktur Utama PDPS Agus Priyo mengatakan harga komoditas yang dijual pada Bazar Ramadan lebih murah. Ia juga memberikan apresiasi atas kolaborasi Bank Jatim yang telah memberikan dukungan.

"Terima kasih kepada Bank Jatim," ujarnya.

Direktur Mikro, Ritel dan Menengah Bank Jatim Arief Wicaksono menjelaskan, pihaknya mendorong empat cabang Bank Jatim di Surabaya untuk mengadakan kegiatan yang pro-UMKM.

Khusus kerja sama dengan PDPS, kata dia, UMKM yang dilibatkan adalah pedagang binaan PDPS dan binaan Bank Jatim. Menurutnya, sekarang ini adalah waktu yang tepat untuk UMKM bangkit kembali.

"Kemarin setelah mengalami pandemi COVID-19, sekarang saatnya UMKM bergairah lagi. Bangkit lebih kuat pulih lebih cepat," ucapnya.

Baca juga: Pemkot dan Bank Jatim gerakkan UMKM Surabaya lewat Festival Ramadhan

Baca juga: Bank Jatim gelar "JConnect Ramadhan Festival" bersama pelaku UMKM

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023