Jakarta (ANTARA News) - Satu tendangan dari kotak penalti oleh Mikel Arteta cukup bagi Arsenal untuk mengalahkan Wigan Athletic dalam laga Liga Utama Inggris Sabtu malam di Stadion DW yang dihadiri lebih dari 21 ribu penonton.

Gol Mikel Arteta itu sekaligus mengantar Arsenal meraih kemenangan ketiga berturut-turut sejak Maret.

Hadiah penalti diberikan kepada Arsenal setelah Jean Beausejour melanggar Theo Walcott menit ke 58 dan Mikel Arteta mengeksekusi tanpa kesalahan pada menit 60.

Tiga poin membuat Arsenal naik tiga peringkat di atas Chelsea, yang akan bermain besok, sementara Wigan tetap di urutan ketiga dari bawah setelah hanya meraih satu poin dalam lima pertandingan terakhir.

Arsene Wenger menurunkan tim yang sama seperti saat mengalahkan Reading 5-2 hari Senin lalu, dengan menempatkan Walcott berada di barisan terdepan.

Manajer Wigan Roberto Martinez berharap bisa memainkan dua dari sembilan pemainnya yang cedera, tetapi hanya James McCarthy yang bisa diturunkan, sedangkan kapten Gary Caldwell tetap berada di bangku cadangan.

Arsenal memiliki kesempatan pertama pada menit kesembilan ketika Arteta maju ke depan dan mengoper bola ke Alex Oxlade-Chamberlain di sisi kanan, namun tendangannya mampu dihadang kiper Ali Al Habsi.

Ali Al Habsi kembali menyelamatkan gawang Wigan pada menit ke-11 dari tendangan menyengat Lukas Podolski.

Tuan rumah Wigan terlihat frustasi karena tidak bisa mengubah kesempatan menjadi peluang dan Ronnie Stam bersama Beausejour berjuang dengan umpan-umpan silangnya.

Peluang terbaik Wigan datang melalui Arouna Kone, namun tendangannya sia-sia.

Tendangan pojok pada menit 82 oleh Jean Beausejour ke depan gawang Arsenal, juga berhasil di sapu oleh Per Mertesacker.

Kemudian pada menit 90, Jordi Gomez juga melayangkan tembakan, berupaya menyamakan kedudukan, namun kembali diblok oleh Mertesacker.

Hingga pertandingan berakhir, kedudukan tidak berubah, 1-0 untuk Arsenal.

Hasil ini membuat Arsenal berada di posisi ketiga dengan mengantongi 30 poin, atau terpaut 9 poin dengan Manchester City.

Wigan hanya berada di urutan ketiga dari bawah dengan hanya 15 poin, menurut data klasemen di laman premierleague.com.

Urutan dalam klasemen masih akan berubah karena masih ada sejumlah pertandingan pada Minggu dinihari (WIB) di antaranya Liverpool melawan Fulham.

(*)

Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012