Jakarta (ANTARA) - Sebuah survei terbaru yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia menunjukkan bahwa sekitar 120 juta orang akan melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman selama masa mudik Hari Raya Idul Fitri tahun ini, naik 45 persen dari angka tahun lalu.

Di atas sepeda motor, kereta api, dan di pelabuhan, para pemudik menyajikan deretan potret blockbuster "On The Road". Kelelahan, fisik yang terkuras, dan kemacetan bahkan tidak dapat menghalangi warga untuk mudik dan merayakan Lebaran di kampung halaman. Mengangkut tas-tas berat dan membawa anak, warga berjuang menyusuri jalanan yang panjang dan padat demi berkumpul bersama keluarga.
 
Para pengendara sepeda motor bersiap naik ke kapal feri menjelang Hari Raya Idul Fitri di Pelabuhan Ciwandan di Cilegon, Provinsi Banten, pada 19 April 2023. (Xinhua/Aditya Irawan)Para penumpang menunggu untuk menaiki kereta menjelang Hari Raya Idul Fitri di Stasiun Kereta Pasar Senen di Jakarta Pusat pada 19 April 2023. (Xinhua/Agung Kuncahya B.)
 
Para penumpang menunggu untuk menaiki kereta menjelang Hari Raya Idul Fitri di Stasiun Kereta Pasar Senen di Jakarta Pusat pada 19 April 2023. (Xinhua/Agung Kuncahya B.



 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2023