Bengkulu (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu menyediakan multivitamin untuk para pemudik di 32 posko kesehatan yang ada di seluruh wilayah Provinsi Bengkulu.
 
"Kami siapkan multivitamin, gratis, jadi kalau merasa kurang fit di perjalanan, datanglah ke posko-posko yang ada di sepanjang jalur mudik," kata Kepala Bidang Pelayanan dan Kesehatan Dinkes Provinsi Bengkulu Edriwan Mansyur, di Bengkulu, Kamis.
 
Menurut dia, selain prioritas ketepatan waktu sampai di kota tujuan, sisi kesehatan dan kebugaran juga harus menjadi perhatian penting bagi para pemudik.
 
Jangan sampai, faktor kelelahan di perjalanan membuat hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan menimpa para pemudik.

Baca juga: Angkasa Pura II Bengkulu menambah penerbangan jelang Idul Fitri

Baca juga: AP II sebut sebanyak 9.389 pemudik tiba di Bengkulu jelang Lebaran
 
"Oleh karena itu, sempatkan untuk beristirahat, jangan hanya buru-buru, membahayakan keselamatan. Pulang kampung untuk bertemu keluarga, jadi kondisi yang sehat bugar penting ketika bertemu sanak saudara," kata dia lagi.
 
Di setiap posko kesehatan yang tergabung dengan posko gabungan lebaran itu, kata Edriwan Mansyur juga bersiaga tenaga kesehatan mulai dari dokter hingga perawat yang siap memberikan pelayanan kesehatan bagi para pemudik.
 
"Ada dokter, ada tenaga kesehatan, siaga. Tenaga kesehatan ditugaskan per sif. Jadi kalau ada keluhan kebugaran, pemudik bisa memeriksakan diri di posko," kata dia.
 
Bagi pemudik yang ingin mendapatkan vaksinasi dosis penguat, caranya dapat mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat, untuk vaksinasi baru tersedia di faskes, bukan di posko kesehatan mudik.

​​​​​​"Faskes di jalur mudik, Lebaran dan arus balik bersiaga, jadi pemudik bisa mendatangi faskes terdekat," ujarnya.*

Baca juga: Pengamat: Perbaikan jalur jangan sampai mengganggu arus mudik

Baca juga: Antisipasi varian Arcturus, Dinkes Bengkulu ajak pemudik vaksin

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023