Jakarta (ANTARA) - Agensi dari boy group K-pop DKZ mengumumkan bahwa Kyoungyoon akan hiatus sementara waktu karena mengalami masalah kesehatan.

Menurut laporan dari Soompi, Rabu (19/4), awal tahun ini, Kyoungyoon buka suara soal dia pernah berkaitan dengan sekte sesat JMS, yang sempat dijadikan film dokumenter, “In The Name of God: A Holy Betrayal”. Film dokumenter tersebut menggambarkan bagaimana pemimpin sekte, terpidana pemerkosa Jung Myung Seok, merawat dan mengeksploitasi secara seksual pengikut wanita muda.

Setelah dokumenter tersebut mengemuka, beredar kabar orang tua Kyoungyoon berkaitan dengan sekte tersebut. Kyoungyoon menceritakan bagaimana masa kecilnya berhubungan dengan aliran tersebut, namun, dia tidak mengetahu praktik gelap yang ada di belakang.

Kyoungyoon dengan tegas menyatakan bahwa setelah mengetahui apa yang terjadi, dia telah meninggalkan gereja JMS untuk selamanya.

Pada 19 April waktu setempat, agensi DKZ merilis pernyataan terkait jadwal penampilan grup tersebut di Cultwo Show di Boseong pada 29 April. Agensi menyatakan bahwa menurut penyelenggara acara, beberapa warga Boseong telah berulang kali mengajukan keluhan yang meminta agar penampilan DKZ dibatalkan.

Akibatnya, Kyoungyoon pun akan absen dari acara tersebut sehingga hanya lima anggota DKZ yang tersisa yang ambil bagian.

Agensi juga mengumumkan bahwa karena kecemasan yang berasal dari kontroversi baru-baru ini, Kyoungyoon untuk sementara akan menghentikan semua aktivitasnya untuk fokus memulihkan kesehatannya.

“Kyoungyoon merasa sangat bertanggung jawab atas masalah yang berkaitan dengannya, dan dia saat ini sedang menjalani terapi dan perawatan. Dokternya telah mendiagnosisnya dengan gangguan panik yang menyebabkan gangguan kecemasan sosial, dan untuk sementara dia akan fokus sepenuhnya pada perawatan dan stabilitasnya,” ungkap agensi DKZ.

Namun, lima jam kemudian, Dongyo Entertainment menindaklanjuti dengan pernyataan baru yang mengumumkan bahwa penampilan DKZ di Cultwo Show di Boseong telah dibatalkan.

“Ada perubahan terkait penampilan Cultwo Show DKZ yang beranggotakan lima orang pada tanggal 29 April yang kami bicarakan dalam pernyataan kami sebelumnya, jadi, kami melakukan koreksi. Penampilan DKZ di Cultwo Show di Boseong yang dijadwalkan pada 29 April akhirnya dibatalkan,” ungkap Dongyo Entertainment.

Dongyo Entertainment melanjutkan untuk meminta maaf kepada penggemar, menjelaskan bahwa mereka baru menerima pemberitahuan pembatalan setelah merilis pernyataan mereka sebelumnya pada hari itu.

Baca juga: DKZ umumkan rencana bikin lagu "Year End Project" tutup 2022

Baca juga: Juri Rocket Punch "hiatus" sementara karena positif COVID-19

Baca juga: Chris Hemsworth umumkan hiatus dari dunia akting

Baca juga: Setelah dikabarkan hiatus, Rei IVE tulis surat untuk para penggemar


Penerjemah: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023