Tangerang, Banten (ANTARA) - PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) mengungkapkan Posko Layanan Terpadu aktif selama masa angkutan Lebaran untuk melayani pemudik di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

"Selama masa Angkutan Lebaran diaktifkan Posko Layanan Terpadu di Terminal 1B," ujar Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soetta, M Holik Muardi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pada Kamis.

Holik menambahkan bahwa operasional Bandara Soetta selama mudik didukung oleh tidak kurang dari 1.500 personel organik.

"Bandara Soekarno-Hatta juga beroperasi selama 24 jam, dengan tidak kurang dari 1.500 personel organik, tambahan tenaga outsourcing serta TNI dan POLRI," katanya.

Sebagai mana diketahui, Jumlah penumpang di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) pada puncak arus mudik, yakni H-1 Hari Raya Idul Fitri 2023, diprediksi akan nyaris menyamai angka mobilisasi orang sebelum pandemi COVID-19 di 2019.

Total penumpang yang melalui Bandara Soetta baik keberangkatan maupun kedatangan pada H-1 Lebaran, yang diprediksi jatuh pada 22 April 2023, diperkirakan mencapai 174.000 orang dengan pergerakan pesawat sebanyak 1.200 penerbangan.

Sebelumnya, EGM KCU PT Angkasa Pura II Dwi Ananda Wicaksana di Tangerang, Rabu, mengatakan tujuan pengaktifan posko itu untuk memantau arus penumpang dan pergerakan pesawat serta informasi bagi masyarakat selama mudik Lebaran.

Ia menerangkan posko-posko yang nantinya akan didirikan bakal berada di tiap terminal yang ada di Bandara Soekarno Hatta dan terpusat di Terminal 1B.

Menurut dia, pada arus mudik Lebaran tahun ini terjadi kelonggaran aturan terkait protokol kesehatan (prokes) COVID-19 terutama pada sektor penerbangan, sehingga hal tersebut akan berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas penumpang di Bandara Soetta.

Ia menambahkan sesuai instruksi dari Kemenhub pihaknya tengah mempersiapkan segala fasilitas pendukung dalam menghadapi kemungkinan akan adanya kenaikan trafik yang sangat signifikan.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023