Jakarta (ANTARA) - Jumlah penumpang yang berangkat dari Terminal Kampung Rambutan (Jakarta Timur) pada Kamis atau H-2 Lebaran Idul Fitri 2023 cenderung menurun dibanding sehari sebelumnya.
 
"Dibandingkan dengan kemarin, untuk penumpang berangkat kalau dilihat dari data hari ini mulai pukul 07.00 hingga 14.00 WIB, terdapat 1.043 penumpang dengan 53 kendaraan," ujar Kepala Regu Khusus Terminal Kampung Rambutan Mulyono di Terminal Kampung Rambutan, Kamis.
 
Angka tersebut lebih sedikit bila dibandingkan dengan Rabu (19/4) yang merupakan sebagai puncak dari arus mudik 2023. Pada Rabu (19/4) atau H-3 Idul Fitri, terdapat 3.332 penumpang yang berangkat dari Terminal Kampung Rambutan dengan menggunakan 142 bus.

Angka tersebut juga lebih tinggi dibandingkan dengan H-3 Lebaran 2022. Ketika itu, terminal Kampung Rambutan mencatat ada 2.791 penumpang berangkat dengan 131 kendaraan.
 
Pada masa arus mudik Lebaran 2023 sejak H-7 hingga H-3, Terminal Kampung Rambutan sudah memberangkatkan 11.652 penumpang menggunakan 694 bus.

Baca juga: Polda Metro imbau warga yang mudik titipkan kendaraan

Hari ini, Mulyono mengatakan, penumpang yang berangkat dari Terminal Kampung Rambutan memiliki tujuan Jawa Timur, Jawa Tengah, dan khususnya Jawa Barat. Selain itu juga ada ke Sumatra.
 
"Tujuan penumpang masih sama dengan sehari sebelumnya dan rata ke berbagai daerah. Untuk jarak jauh seperti ke Sumatra lebih mendominasi ketika sebelum H-7 Lebaran," kata Mulyono.
 
Demi keamanan dan kenyamanan penumpang, pihak Terminal Kampung Rambutan bekerjasama dan berkoordinasi dengan TNI dan Polri.
 
"Pengamanan kami berkoordinasi dengan TNI dan Polri, baik yang berseragam dinas lengkap maupun yang berpakaian preman. Kami juga menempatkan petugas di beberapa titik area terminal agar pemudik aman dan nyaman," kata Mulyono.
 

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023