Jakarta (ANTARA) - AS Roma berhasil membalas kekalahan mereka di leg pertama dengan menghajar Feyenoord 4-1 dalam laga leg kedua perempat final Liga Europa di Stadio Olimpico pada Jumat dini hari WIB, sehingga klub Italia itu berhak melaju ke semifinal dengan keunggulan agregat 4-2.

Empat gol Roma masing-masing dicetak oleh Leonardo Spinazzola, Paulo Dybala, Stephan El Shaarawy dan Lorenzo Pellegrini. Feyenoord sempat menyamakan kedudukan lewat gol Igor Paixo.

Pasukan Jose Mourinho itu di semifinal akan menghadapi perwakilan Jerman Bayer Leverkusen yang menyingkirkan klub Belgia Union Saint-Gilloise dengan agregat 5-2, demikian catatan laman resmi UEFA.

Kalah 0-1 di leg pertama, Roma langsung tampil menyerang demi menyamakan agregat.

Roma baru bisa membuka keunggulan pada babak kedua atau tepatnya pada menit ke-59. Sebuah kemelut terjadi di depan gawang Feyenoord, bola kemudian bergulir ke Spinazolla yang kemudian melepaskan tendangan kaki kiri dan masuk ke gawang Justin Bijlow. Skor menjadi l-0 (agregat 1-1).

Feyenoord berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-79 lewat gol Igor Paixao lewat sundulannya setelah memaksimalkan umpan tarik dari sisi kanan. Kedudukan menjadi 1-1 (agregat 1-2).

Giallorossi menambah keunggulan pada menit ke-88. Mendapatkan umpan di kotak penalti, Paulo Dybala mengontrol bola dengan apik sebelum melepaskan tendangan kaki kiri yang membuat timnya kembali unggul 2-1 (agregat 2-2).

Baca juga: Dikalahkan AS Roma, Slot akui Feyenoord kurang beruntung
Baca juga: Juventus ke semifinal setelah menang agregat 2-1 atas Sporting CP

Tidak ada gol tambahan sampai babak kedua berakhir. Agregat tetap 2-2 dan pertandingan terpaksa dilanjutkan ke babak tambahan.

Roma mencetak dua gol lagi di babak tambahan. Umpan silang Tammy Abraham berhasil dituntaskan Stephan El Shaarawy di depan gawang. Skor menjadi 3-1 (agregat 3-2) pada menit ke-100.

Penampilan Roma disempurnakan dengan gol keempat mereka pada menit ke-108. Lorenzo Pellegrini mencatatkan namanya di papan skor.

Tendangan Tammy Abraham berhasil ditepis Bijlow, tetapi bola rebound disambar Pellegrini menjadi gol untuk mengubah skor menjadi 4-1. Dengan kemenangan ini, Roma melaju ke semifinal berkat keunggulan agregat 4-2.

Susunan pemain
AS Roma (3-4-2-1): Rui Patricio; Diego Llorente (Roger Ibanez 72'), Chris Smalling (Mehmet Zeki Celik 78'), Gianluca Mancini; Nicola Zalewski (Paulo Dybala 72'), Bryan Cristante, Nemanja Matic, Leonardo Spinazzola; Georginio Wijnaldum (Stephan El Shaarawy 21'; Marash Kumbulla 106')), Lorenzo Pellegrini; Andrea Belotti (Tammy Abraham 72').

Feyenoord (4-3-3): Justin Bijlow; Lutsharel Geertruida, David Hancko, Gernot Trauner (Javairo Dilrosun 106'), Quilindschy Hartman (Marcos Lopez 106'); Sebastian Szymanski (Marcus Holmgren 91'), Mats Wieffer, Orkun Kokcu; Alireza Jahanbakhsh (Danilo 74'), Santiago Gimenez, Oussama Idrissi (Igor Paixao 64').

Berikut hasil leg kedua perempat final Liga Europa:
Sevilla 3-0 Manchester United
(Agregat 5-2)

Sporting CP 1-1 Juventus
(Agregat 2-1)

AS Roma 4-1 Feyenoord
(Agregat 5-3)

Bayer Leverkusen 4-1 Union St Gilloise
(Agregat 5-2)

Jadwal pertandingan semifinal leg pertama Liga Europa:
Sevilla vs Juventus (18 Mei 2023)

Bayer Leverkusen vs AS Roma (18 Mei 2023)

Baca juga: Blunder Maguire dan De Gea buat MU disingkirkan Sevilla dari Liga Europa

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023