Jakarta (ANTARA) - Sebagian umat Islam di Jakarta Utara menunaikan Shalat Idul Fitri 1444 Hijriah di sejumlah lokasi pada Jumat pagi.

Di antaranya di Masjid Raya Al-Husna Tanjung Priok, Masjid Al Barokah Jalan Mangga, Koja, dan Rumah Sakit Islam Jakarta Sukapura, Cilincing.

"Sangat kondusif. Tadi malam juga kami melakukan koordinasi dengan para tokoh agama dan sangat kondusif, nyaman," kata Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Gidion Arif Setyawan di RS Islam Jakarta Sukapura, Cilincing.

"Dan hari ini kita bisa merasakan atmosfer dari yang menunaikan Shalat Id dengan suka cita," katanya.

Gidion mengatakan, pihaknya mengerahkan 250 personel di semua lokasi pelaksanaan Shalat Id di Jakarta Utara (Jakut).

"Besok juga masih ada saudara kita yang Shalat Id. Tapi saya rasa tidak menjadi persoalan yang prinsip karena ini bagus sekali, membangun toleransi dan menguatkan rasa persaudaraan," kata Gidion.

Baca juga: Jamaah padati Masjid Darul Ulum FKIP Uhamka
Baca juga: Shalat Id tetap dilaksanakan di Equestrian meski hujan

Gidion akan menambah jumlah personel yang dikerahkan untuk menjaga pelaksanaan Shalat Id di sejumlah lokasi pada Sabtu (22/4) pagi.

Rumah Sakit Islam Jakarta Sukapura adalah salah satu rumah sakit amal usaha Muhammadiyah di bawah kendali Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Di RS Islam Jakarta Sukapura, jumlah jamaah Shalat Id di halaman Masjid Daarusy Syifaa mencapai 400-an orang menurut perkiraan Direktur Utama RS Islam Sukapura dr Umi Sjarqiah, Sp KFR.

Tahun ini, kata dia, jemaah Shalat Id meningkat dua kali lipat dibanding tahun 2022. Adapun khatib Shalat Id pada pagi tadi adalah Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023