Sukabumi (ANTARA News) - Selama libur panjang dan cuti bersama Natal dan Tahun Baru 2013, pelayanan kesehatan masyarakat di Sukabumi tetap buka selama 24 jam khususnya untuk puskesmas-pukesmas besar.

"Kami sudah mengintruksikan kepada seluruh petugas kesehatan di puskesmas agar selama libur dan cuti bersama puskesmas tetap buka selama 24 jam untuk melayani kesehatan masyarakat," kata Kepala Dinkes Kota Sukabumi, Rita Nenny kepada wartawan, Senin.

Menurut Rita, walaupun selama libur dan cuti bersama pelayanan kesehatan tetap normal biasanya. Selain itu, hanya puskesmas-puskesmas besar saja yang disiagakan untuk antisipasi adanya korban kecelakaan lalu lintas maupun ada warga yang membutuhkan pertolongan kesehatan yang cepat.

"Untuk pelayanan kesehatan lainnya seperti rumah sakit tetap akan buka selama 24 jam, dan setiap puskesmas juga kami sudah intruksikan agar selalu ada yang bersiaga dan secara bergiliran menjaga puskesmas khawatir ada warga yang membutuhkan pelayanan kesehatan cepat," tambahnya.

Dikatakan Rita, selama liburan dan cuti bersama ini pihaknya juga mengerahkan puluhan tenaga medis untuk memberikan bantuan kepada masyarakat dan wisatawan yang datang ke Sukabumi untuk memberikan pelayanan jika ada yang mengeluh kesehatannya terganggu.

"Masyarakat tidak perlu khawatir selama libur dan cuti bersama ini layanan kesehatan tetap buka selama 24 jam, sehingga masyarakat tetap bisa mendapatkan pelayanan jika mengalami gangguan kesehatan," tambahnya.
(ANT)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2012