Dalam rangka Hari Kartini pada 21 April, kami kedepankan polwan untuk bisa bermanfaat kepada masyarakat, khususnya para pemudik
Bandung (ANTARA) -
Personel polisi wanita (Polwan) yang bertugas melakukan pengamanan di Jalur Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, membagikan bunga kepada pemudik dalam rangka memperingati Hari Kartini.
 
Para polwan itu memberikan bunga, khususnya kepada para perempuan yang mudik atau mengendarai motor, serta kepada para ibu yang membawa anaknya di sepeda motor.
 
"Dalam rangka Hari Kartini pada 21 April, kami kedepankan polwan untuk bisa bermanfaat kepada masyarakat, khususnya para pemudik," kata Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo di Bandung, Jawa Barat, Jumat.
 
Adapun kegiatan itu digelar di depan Pos Pelayanan Cikaledong Nagreg. Kemudian para polwan itu memberikan bunga dan makanan ringan untuk dikonsumsi jika dalam perjalanan tidak sempat beristirahat.
 
Selain itu Kusworo mengatakan para polwan itu juga memberikan gendongan bayi kepada para ibu yang dibonceng sepeda motor sambil membawa anaknya.

Baca juga: Perempuan harus sehat fisik dan mental guna jaga produktivitas
 
Kusworo mengatakan banyak dari para pemudik sepeda motor yang membawa anak bayi atau balita tanpa dilengkapi dengan sabuk pengaman bayi. Menurutnya hal itu berpotensi membahayakan bagi ibu ataupun anak tersebut.
 
"Sepeda motor itu kan maksimal dua penumpang, namun ada saja pemudik yang bawa anaknya. Nah bagi pemudik yang bawa anak ya itu perlu dilengkapi dengan sabuk keselamatan anak," kata dia.
 
"Khawatirnya ibu ngantuk, anak ngantuk, nah ini sampai hilang keseimbangan ini jangan sampai," ujar Kusworo.
 
Pada Jumat atau H-1 Lebaran ini situasi arus lalu lintas di jalur selatan, khususnya di Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dalam kondisi yang lancar. Polisi pun menilai puncak arus mudik jalur selatan telah terjadi pada H-3 Lebaran 2023.

Baca juga: Polda Jabar: Puncak arus mudik jalur selatan sudah terlewati

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023