Kendaraan menuju arah Garut maupun Tasikmalaya terjadi peningkatan dibandingkan H-4 kemarin, sampai dengan pukul 19.00 WIB dengan perhitungan jam yang sama meningkat 14 persen
Kabupaten Bandung (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung, Jawa Barat, mencatat pada H-3 Lebaran kendaraan yang mudik yang melintas di Jalur Nagreg mengalami peningkatan dengan tujuan Tasikmalaya, Garut hingga Jawa Tengah.

Koordinator Humas Pos Pengamanan Lebaran Dinas Perhubungan Kabupaten Badung Eric Alam Prabowo, mengatakan dari hasil penghitungan pada pukul 17.00 WIB, jumlah kendaraan mencapai 76.474 unit. Kemudian bertambah menjadi 85.072 unit sampai pukul 19.00 WIB.

Baca juga: Pemudik bermotor padati jalan arteri Karawang hingga jalur Pantura

“Kendaraan menuju arah Garut maupun Tasikmalaya terjadi peningkatan dibandingkan H-4 kemarin, sampai dengan pukul 19.00 WIB dengan perhitungan jam yang sama meningkat 14 persen,” kata Eric di Kabupaten Bandung, Minggu.

Eric menjelaskan kendaraan yang mengarah di Jalur Nagreg didominasi oleh pemudik motor yang mencapai 60 persen yakni 206.036 unit motor semenjak H-7 Lebaran.

“Lebih dominan motor ke selatan. Pemudik motor mencapai 60 persen. Terlihat sangat luar biasa motor berada di jalur mobil,” kata dia.

Lebih lanjut, dia mengatakan, menggunakan kendaraan mobil mengalami penurunan di Jalur Nagreg yang disebabkan oleh kecenderungan pemudik yang lebih memilih menggunakan Tol Cipali maupun Cisumdawu sebagai alternatif utama.

Baca juga: Penumpang angkutan mudik gratis tiba di Terminal Seloaji Ponorogo

Menurut dia, faktor utama yang menjadi penyebab penurunan ini adalah kemudahan akses dan kecepatan yang lebih banyak pemudik memilih lewat tol karena dapat mempersingkat waktu perjalanan dan menghindari kemacetan yang sering terjadi di Jalur Nagreg.

“Pemudik mobil dari arah Bandung lebih milih Tol Cisumdawu dan Cipali untuk ke arah Jawa. Pembangunan ini berdampak positif karena kendaraan yang melintas berkurang untuk lewat Nagreg,” katanya.

Sementara itu, Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo pihaknya mulai memberlakukan pengalihan arus di Jalur Nagreg pada Minggu atau H-3 Lebaran 2024.

Dia mengatakan, pengalihan arus lalu lintas sendiri mulai terjadi sejak Minggu pukul 01.30 WIB hingga sore hari dikarenakan kepadatan pemudik yang melintasi jalur tersebut.

“Kamil laporkan bahwa dari mulai 00.00 WIB tadi pagi hingga saat ini pukul 16.00 WIB sudah diberlakukan lima kali one way untuk di wilayah Nagreg dari arah Bandung menuju ke Garut,” kata Kusworo.

Baca juga: Kepadatan pemudik KA terlihat di sejumlah stasiun Daop Jember

Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024