Jakarta (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta membuka layanan Posko Dapur Air di Laksamana Malahayati, Kalimalang, Pangkalan Jati, Jakarta Timur, pada 20-25 April 2023.

Posko tersebut sebagai dukungan logistik pada titik yang biasanya dilalui pemudik kendaraan roda dua dan petugas yang berjaga.

"Pada posko ini kami telah menyiapkan sejumlah fasilitas seperti tempat istirahat, dapur air, pengisian daya ponsel dan layanan konseling secara gratis bagi para pemudik," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Aji dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat.

Sebanyak lima sampai delapan personel piket siaga 24 jam dan petugas psikososial disiagakan untuk membantu pemudik.

BPBD DKI bersama seluruh unsur pentahelix ikut aktif menjaga ketenteraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat yang ada di Jakarta.

Baca juga: BPBD DKI imbau pemudik pastikan kembali rumahnya aman dari bencana
Baca juga: Potensi tanah longsor di DKI berkurang jadi 10 titik per Maret 2023

Selain itu, BPBD juga meningkatkan kesiapsiagaan dan berkoordinasi dengan unsur TNI/Polri dalam memastikan pelaksanaan aktivitas masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Saya telah menginstruksikan kepada 267 petugas penanggulangan bencana/TRC yang ada di seluruh wilayah Jakarta untuk tergabung dalam Posko Terpadu Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah," katanya.

Tim tersebut bersama TNI/Polri, Dinas Perhubungan (Dishub), Satpol PP dan instansi terkait lainnya untuk memonitor kondisi pada titik-titik yang menjadi lokasi masyarakat yang melaksanakan mudik ke kampung halaman.

BPBD DKI juga tetap memonitor kondisi kebencanaan yang ada di Jakarta melalui layanan petugas yang ada di Pusat Data dan Informasi Kebencanaan.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023