Untuk jarak dekat biasanya besok baru mulai mudik
Jakarta (ANTARA) -
Pemudik yang berangkat dari Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, pada H-1 Idul Fitri 2023 turun sebanyak 30 persen dibandingkan dengan puncak arus mudik pada H-3 atau Rabu (19/4).
 
Berdasarkan data hari ini hingga pukul 14:00 WIB, tercatat 630 pemudik bertolak  menggunakan 54 bus. Sedangkan penumpang yang tiba di Terminal Kampung Rambutan yakni 663 penumpang menggunakan 153 bus.
 
"Untuk keberangkatan sudah menurun dibandingkan hari sebelumnya dan puncaknya itu ada pada Rabu (19/4) dengan jumlah 3.332 penumpang. Dari jumlah tersebut penurunan sekitar 30 persen. Hari ini situasinya sudah landai dari penumpang," kata Kepala Terminal Kampung Rambutan Yulza Ramadhoni di Terminal Kampung Rambutan, Jumat.
 
Secara keseluruhan sejak Jumat (14/4) atau H-8 hingga Kamis (20/4), Terminal Kampung Rambutan sudah memberangkatkan 13.645 pemudik  menggunakan 806 bus.
 
Dari jumlah tersebut pemudik dengan tujuan Jawa Barat mendominasi sebanyak 41 persen. Diikuti Jawa Tengah 38 persen, Jawa Timur 7 persen, Sumatra Selatan 4 persen, Banten dan Sumatra Barat 3 persen, DI Yogyakarta 2 persen, Bengkulu dan Lampung masing-masing 1 persen.
 
"Untuk jarak dekat biasanya besok baru mulai mudik. Misalnya dengan tujuan Tasikmalaya, Subang, Purwakarta, Garut, dan sekitarnya," kata Yulza.
 
Dalam kesempatan yang sama, Kepala Regu Khusus Terminal Kampung Rambutan Mulyono mengatakan demi keamanan dan kenyamanan penumpang, pihaknya bekerja sama dan berkoordinasi dengan TNI dan Polri.
 
"Pengamanan kami berkoordinasi dengan TNI dan Polri, baik yang berseragam dinas lengkap maupun yang berpakaian preman. Kami juga menempatkan petugas di beberapa titik area terminal agar pemudik aman dan nyaman," kata Mulyono.
Baca juga: Terminal Kampung Rambutan minta operator bus siapkan armada cadangan
Baca juga: Pemudik dari Terminal Kampung Rambutan mulai landai pada H-2 Lebaran
Baca juga: Ribuan pemudik ikuti mudik gratis di Terminal Kampung Rambutan

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023