Jakarta (ANTARA) - Personel gabungan TNI-Polri berkeliling mendatangi sejumlah calon penumpang di Terminal Bus Kampung Rambutan, Jakarta Timur, untuk menyampaikan sejumlah imbauan agar waspada saat mudik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

 

Imbauan yang disampaikan personel gabungan TNI-Polri kepada para calon penumpang meliputi keamanan barang bawaan dan tidak sembarang menerima makanan dan minuman orang yang tidak di kenal.

 

Selain itu, bagi yang membawa anak, agar dijaga dengan baik jangan sampai ketinggalan bus atau hilang. Para penumpang diimbau waspada terhadap aksi-aksi dari orang yang tidak bertanggung jawab atau yang ingin memanfaatkan situasi kelengahan calon penumpang.

 

Hal itu dilakukan personel TNI-Polri kepada sejumlah calon penumpang baik yang hendak naik bus hingga kepada pemudik yang sedang menunggu di ruang tunggu. Penumpang juga diminta tetap menjaga situasi kamtibmas.

 

Bukan hanya kepada calon penumpang, personel gabungan TNI-Polri tersebut juga menghampiri sejumlah sopir bus, agar membawa kendaraan nantinya lebih waspada demi keselamatan penumpang.

 

Petugas mengingatkan para supir agar mematuhi rambu-rambu lalu lintas dengan tidak ugal-ugalan di jalan raya dan perhatikan keselamatan diri dan para penumpang yang dibawa.



 

Personel gabungan TNI-Polri hingga Dinas Perhubungan memberikan imbauan kewaspadaan kepada calon penumpang bus di Terminal Kampung Rambutan, Sabtu malam (23/12/2023). ANTARA/Harianto
 

Imbauan dilakukan oleh personel gabungan TNI-Polri hingga petugas Dinas Perhubungan setempat usai pelaksanaan apel gabungan di depan pos keamanan terpadu yang didirikan di kawasan ruang tunggu terminal tersebut.

 

Namun, saat hendak diwawancara, penanggung jawab kegiatan tersebut mengaku tidak bisa berkomentar karena merasa bukan orang tepat dalam memberi keterangan kepada awak media. Penanggung jawab kegiatan tersebut meminta awak media agar mewawancarai Kapolsek Ciracas.

 

Sementara itu, Kapolsek Ciracas Kompol Agung Ardiyansyah saat dikonfirmasi baik melalui pesan singkat WhatsApp dan telepon WhatsApp belum memberi tanggapan.

 

Konfirmasi kepada Kapolsek Ciracas Kompol Agung Ardiyansyah telah dilakukan sejak pukul 18.56 WIB. Namun, hingga pukul 21.56 WIB, belum ada tanggapan ataupun.

 

Personel gabungan TNI-Polri hingga Dinas Perhubungan memberikan imbauan kewaspadaan kepada sopir bus di Terminal Kampung Rambutan, Sabtu malam (23/12/2023). ANTARA/Harianto
 

Sebelumnya, Kepala Terminal Kampung Rambutan Yulza Ramadhoni mengimbau para pemudik liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 agar tidak menerima makanan ataupun minuman dari orang tidak dikenal (OTK), guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.
 

Selain jangan menerima makanan ataupun minuman dari orang tak dikenal, Yulza juga mengingatkan para penumpang untuk selalu waspada dan menjaga barang bawaannya ketika menunggu bus di ruang tunggu.

 

Selain kedua hal tersebut, Yulza juga mengimbau agar para pemudik untuk tidak membawa barang-barang yang mencolok, yang dapat memancing orang-orang jahat mendekati penumpang.
 

Personel gabungan TNI-Polri hingga Dinas Perhubungan terlihat berjaga di pos keamanan yang didirikan di kawasan Terminal Bus Kampung Rambutan, guna menjaga situasi agar tetap aman dan kondusif selama arus mudik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Pos keamanan tersebut bertajuk Operasi Lilin Jaya 2023.

Baca juga: Contraflow di jalan Tol Jakarta-Cikampek akhirnya dihentikan
Baca juga: Penumpang Terminal Kalideres pilih beli tiket langsung daripada online
Baca juga: BPH Migas pastikan pasokan energi aman menjelang Natal-tahun baru


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Citro Atmoko
Copyright © ANTARA 2023