Baturaja (ANTARA) - Sejumlah warga Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan membersihkan ranjau paku yang bertebaran di sepanjang jalan jalur mudik di wilayah Desa Pusar, Kecamatan Baturaja Barat agar tidak membahayakan pengendara.

Menurut Garsubi, salah seorang warga Desa Pusar, Kabupaten OKU di Baturaja, Jumat, ada banyak paku tajam yang berserakan di ruas jalan desa setempat sehingga membahayakan pengendara.

"Sangat bahaya sekali. Apalagi jalur ini sering digunakan oleh pemudik dari Kota Baturaja menuju Kabupaten Muara Enim," katanya.

Baca juga: Polres Karawang turunkan tim penyapu ranjau paku di jalan arteri

Dia mengatakan, ratusan batang paku tersebut diduga sengaja ditebar oleh oknum yang tidak bertanggung jawab guna melakukan aksi kejahatan di jalan raya.

Bahkan, kata dia, sejak beberapa hari terakhir sudah banyak kendaraan roda dua dan empat yang mengalami pecah ban saat melintas di jalur tersebut.

"Beruntung jalur ini ramai pengendara saat siang hari saja, sehingga tidak sampai terjadi aksi kejahatan karena situasi di desa kami masih banyak warga," ujarnya.

Baca juga: Polres Karawang susur jalur mudik antisipasi temuan ranjau paku

Sementara, Kapolres OKU AKBP Arif Harsono, melalui Kapolsek Baturaja Barat Iptu Yusrizal secara terpisah membenarkan adanya laporan ranjau paku di jalur lintas Desa Pusar tersebut.

Yusrizal mengaku bahwa sudah memerintahkan anggotanya untuk terjun ke tempat kejadian perkara (TKP) guna mencari tahu kebenarannya.

Baca juga: Satpol PP petakan titik jalan rawan ranjau paku di Jakarta Barat

Pihaknya juga telah memeriksa rekaman kamera CCTV milik warga yang berada di sekitar lokasi tersebut untuk mencari tahu pelaku yang sengaja menebar paku tersebut.

"Belum bisa kami simpulkan siapa pelaku serta apa motifnya karena kasus ini masih dalam proses penyidikan anggota di lapangan. Namun masyarakat di seputaran pusar kami imbau untuk tetap waspada saat melakukan perjalanan melintasi jalur tersebut," ujarnya.

Baca juga: Satpol PP Jakarta Pusat lakukan operasi ranjau paku
Baca juga: Satpol PP gelar operasi pembersihan ranjau paku di Matraman


Pewarta: Edo Purmana
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023