Belum satu jam operasi (ranjau) kita sudah mengamankan 21 buah jeruji
Jakarta (ANTARA) - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kelurahan Utan Kayu Utara menggelar operasi pembersihan ranjau paku di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur.

Kasatpol PP Kelurahan Utan Kayu Utara, Eman Sulaeman mengatakan 16 personel Satpol PP dari Kelurahan Pisangan Baru, Utan Kayu Selatan, Utan Kayu Utara, diterjunkan untuk menyapu ranjau paku.

"Belum satu jam operasi (ranjau) kita sudah mengamankan 21 buah jeruji. bentuknya tajam seperti pelat," kata Eman Sulaeman di Jakarta, Kamis.

Eman menambahkan operasi ranjau paku di Jalan Jenderal Ahmad Yani itu digelar setelah adanya aduan warga melalui aplikasi Jakarta Terkini (Jaki) yang ban kendaraannya terdampak ranjau.

Dia mengatakan dalam kegiatan tersebut pihaknya mencari ranjau paku dan jari-jari payung yang biasa disebarkan di jalan dengan menggunakan magnet.

"Untuk sementara ini kita maksimalkan penyisiran dengan alat magnet di sepanjang ruas jalan tersebut. Kita sisir sampai ke lampu merah Jalan Pemuda," ujar Eman.

Eman mengatakan kegiatan operasi ranjau paku itu telah dilakukan beberapa kali sebelumnya di lokasi tersebut. Namun ketiadaan mobil penyapu ranjau paku membuat upaya pembersihan tidak maksimal.

"Dari dulu sebenarnya agenda ini sudah rutin digelar, kalau sebelumnya berkolaborasi dengan PPSU, yakni satu Minggu satu kali, atau dua Minggu satu kali," tutur Eman.

Sebelumnya, seorang warga membuat pengaduan melalui aplikasi Jakarta Terkini (Jaki) pada Rabu (14/9) mengenai sejumlah ruas jalan di wilayah Jakarta Timur yang dinilai rawan ranjau paku sehingga banyak pengendara motor dan mobil jadi korban.

"Mohon bantuannya untuk pembersihan jalan dan pengecekan pada tukang tambal ban sepanjang jalan tersebut," tulis pelapor pada aplikasi Jaki.

Dalam pengaduan itu disebutkan lokasi rawan ranjau paku meliputi Jalan DI Panjaitan Kecamatan Jatinegara, Jalan Jenderal Ahmad Yani Kecamatan Matraman, hingga lampu merah Jalan Pramuka, dan Jalan Pemuda.

Warga tersebut juga menyebutkan bahwa dalam satu pekan terakhir saja ban kendaraan miliknya sudah empat kali terkena ranjau paku di sekitar lokasi.

Dia juga menduga ada keterlibatan oknum tukang tambal ban yang menebar ranjau paku di Jalan Pramuka Kecamatan Matraman dan sepanjang kawasan Rawamangun Kecamatan Pulogadung.
Baca juga: Satpol PP gelar Operasi Ranjau Paku di Jaktim
Baca juga: Satpol PP Jakpus adakan operasi jaring paku
Baca juga: Marak ranjau paku, Satpol PP DKI gencarkan operasi pembersihan

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022