Moskow, Rusia (ANTARA) - Sebuah jet tempur supersonik Rusia dengan tipe Sukhoi 34 tak sengaja menembak kota Belgorod yang berada di dekat Ukraina pada Kamis (20/4), menyebabkan ledakan yang melukai tiga orang.

Dalam rekaman dari tempat kejadian, jalanan dipenuhi oleh puing-puing dan runtuhan beton, mobil-mobil yang rusak, serta sebuah bangunan dengan jendela-jendela yang hancur. Dalam sebuah frame dalam rekaman tersebut, ada satu mobil terbalik di atas atap sebuah toko.

Gubernur wilayah Belgorod, Vyacheslav Gladkov, menetapkan status darurat pada malam itu, dan mengatakan bahwa ada sebuah retakan dengan diameter 20 meter di dekat salah satu jalan utama wilayah itu. Empat mobil dan empat gedung apartemen rusak, tambahnya.

Dia menyatakan bahwa ada tiga orang yang terluka.

"Puji Tuhan tidak ada yang tewas," katanya dalam sebuah pernyataan di Telegram. Gladkov mengatakan bahwa evakuasi sudah dilakukan di sebuah gedung apartmen.

TASS mengutip pernyataan dari Kementerian Pertahanan Rusia, yang mengatakan bahwa sebuah jet tempur Su-34 tidak sengaja menembakkan amunisinya.

"Saat pesawat Sukhoi Su-34 terbang melintasi kota Belgorod, ada amunisi udara yang tidak sengaja ditembakkan," kata TASS mengutip kementerian tersebut.

Tidak disebutkan jenis senjata yang digunakan.

Kementerian tersebut mengatakan bahwa beberapa gedung rusak, dan penyelidikan sudah dimulai, kata TASS.

Wilayah Belgorod adalah salah satu dari sekian tempat di Rusia bagian selatan yang suplai bahan bakar dan amunisinya sering dihantam ledakan sejak awal 'operasi militer spesial' yang dicanangkan oleh Moskow terhadap Ukraina pada 2022 Februari 2022.

Sumber: Reuters
Baca juga: Korsel tak akan kirim senjata ke Ukraina demi hubungan dengan Rusia
Baca juga: Jerman izinkan Polandia kirim jet tempur tua MiG-29 ke Ukraina
Baca juga: Rusia ancam hancurkan jet tempur yang dikirim untuk Ukraina

Penerjemah: Mecca Yumna
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023