Walaupun tempat wudhu sudah sangat banyak, kami mengantisipasi membludaknya para jamaah. Kami membuat tempat wudhu ekstra
Jakarta (ANTARA) - Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan pihaknya akan menyediakan berbagai fasilitas kepada para jamaah untuk menunjang kegiatan Shalat Idul Fitri yang diadakan pada Sabtu (22/4)
 
"Walaupun tempat wudhu sudah sangat banyak, kami mengantisipasi membludaknya para jamaah. Kami membuat tempat wudhu ekstra," kata Nasaruddin dalam keterangannya di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat.
 
Nasaruddin mengatakan pihaknya menyediakan klinik untuk mengatasi jamaah yang sakit serta perawatan khusus jika jamaah berada dalam kondisi darurat. Selain itu pihaknya juga menyiapkan pemadam kebakaran serta ambulans yang siaga jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Baca juga: Masjid Istiqlal siapkan ruang untuk 250.000 jamaah Shalat Id besok
 
"Termasuk juga sistem penitipan barang, kita ada petugas yang memakai pakaian khusus, nanti jamaah bisa menitipkan barang ke mereka," tambah mantan Wakil Menteri Agama (Wamenag) tersebut.
 
Dia mengatakan Masjid Istiqlal juga dilengkapi dengan sedikitnya 146 kamera pengawas (CCTV) di berbagai titik guna menjaga keamanan selama beribadah.
 
Selain itu Kepala Bidang Peribadatan Masjid Istiqlal Bukhori Sail Attahiri mengatakan pihaknya menyiapkan beberapa kantong parkir.
 
"Kita punya basement, selain itu juga bekerja sama dengan Katedral, Pertamina, serta Kemenag, perihal parkir. Nanti ada yang mengatur," kata Bukhori.

Baca juga: Wapres Ma'ruf akan mudik ke Banten usai salat Id di Masjid Istiqlal
 

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023