Gorontalo (ANTARA) - Sejumlah pedagang ketupat musiman di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo ramai pembeli seiring hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah yang akan dirayakan pada Sabtu (22/4) besok.

Salah satunya lapak ketupat dadakan yang ramai didatangi pembeli sejak dua hari terakhir, yakni milik Herman. "Saya menjual kulit ketupat dari janur kelapa dengan harga Rp10.000 per 10 buah," ucap dia.

Ia mengaku, menjadi pedagang cangkang ketupat sangat menguntungkan karena banyak yang mencari untuk keperluan menu makanan saat Lebaran.

"Saya sebenarnya pengemudi becak motor, tapi saat menjelang Lebaran selalu menjual kulit ketupat karena bahan baku yang mudah didapat, dan saya bisa membuatnya," ujar Herman.

Dalam tiga hari terakhir, kata Herman, ia telah menjual kurang lebih 400 cangkang ketupat, dan jumlah itu akan terus bertambah hingga satu pekan setelah Lebaran.

"Hingga satu pekan nanti masih banyak yang akan membeli, karena masih ada Lebaran ketupat pekan setelah Idul Fitri," ungkap dia.

Hal serupa dikata sejumlah pedagang di pasar Telaga, menurut mereka, ketupat selalu jadi menu khas Idul Fitri, sehingga banyak yang mencarinya untuk dibeli.

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023