media untuk mempererat tali silahturahmi di antara seluruh umat Muslim
Kampar (ANTARA) - Malam takbiran menyambut Idul Fitri 1444 H di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, pada Jumat malam, dimeriahkan dengan pawai kendaraan hias yang dilepas oleh Penjabat Bupati Kampar Dr Kamsol.

Dalam kesempatan itu, Penjabat Bupati Kampar, Provinsi Riau, Dr Kamsol didampingi Pj. Sekda Kampar Ir Azwan melepas pawai takbir menyambut Idul Fitri 1444 H, Jumat (21/4) malam.

Mengawali sambutannya, Pj Bupati Kampar mengucapkan terima kasih kepada semua penyelenggara atas suksesnya kegiatan pawai takbir ini walaupun di bawah guyuran hujan.

"Melalui pawai takbir ini diharapkan dapat menjadi media untuk mempererat tali silahturahmi di antara seluruh umat Muslim dalam mensyukuri kemenangan setelah sebulan menjalankan ibadah puasa," katanya.

Pawai kendaraan hias itu berupa mobil yang dihiasi dengan ornamen berbentuk masjid atau kubah bernuansa islami yang diiringi dengan suara takbir, tahmid dan tahlil dari peserta pawai.

Baca juga: Warga Deli Serdang pawai obor meriahkan malam takbiran
Baca juga: Musik baleganjur khas Bali ramaikan takbiran di Kampung Islam Kepaon

Kamsol berharap ke depannya kegiatan ini dapat menjadi syiar Islam yang mencerminkan tentang ajaran Islam yang aman, damai dan saling menjaga toleransi antarumat.

Dia juga mengimbau kepada peserta pawai untuk mengikuti arak-arakan pawai dengan tertib serta mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh panitia sehingga pawai takbiran ini berjalan dengan aman, lancar dan sukses.

Setelah menyampaikan sambutannya, Pj Bupati Kampar melepas secara resmi Pawai Takbir ini dengan ditandai dengan penabuhan bedug yang juga dilakukan serentak oleh Forkopimda Kabupaten Kampar. Dengan menggemakan Takbir, Pj. Bupati Kampar mengibarkan bendera melepas kendaraan hias sebagai peserta pawai takbir.

Peserta pawai takbir ini adalah seluruh perwakilan Organisasi Perangkat daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar. Tampak juga dari masyarakat ikut serta mengiringi arak-arakan kendaraan hias tersebut, menambah khidmat suasana pawai.

Baca juga: Malam takbiran di Manado diwarnai dengan kendaraan hias

Pewarta: Bayu Agustari Adha/Netty M
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023