Ketika terdapat selisih yang kecil, yang penting adalah anda tidak tergelincir lagi.
Sunderland (ANTARA News) - Gareth Barry yakin Manchester City akan mampu untuk melampaui Manchester United (MU) di puncak klasemen, ketika sang juara bertahan mempersiapkan diri untuk menghadapi Sunderland pada Rabu.

Pasukan Roberto Mancini merespon kekalahan 2-3 mereka di derby Manchester pada awal bulan ini dengan meraih dua kemenangan berturut-turut.

Kekalahan dari rival sekota MU membuat Setan Merah dapat memimpin klasemen dengan keunggulan enam poin, namun City yang menghuni peringkat kedua dapat mengurangi defisit menjadi empat poin pada akhir pekan.

Barry mencetak gol di menit-menit akhir pertandingan untuk mengamankan kemenangan 1-0 atas Reading pada Sabtu, sebelum United kehilangan dua poin dengan bermain seri 1-1 saat dijamu Swansea pada Minggu.

Gelandang Inggris Barry (31) mengakui bahwa dua pertandingan kandang United menjamu Newcastle United dan West Bromwich Albion pada periode Natal lebih mudah, dibanding lawatan City ke markas Sunderland dan Norwich.

Namun City mampu mengejar keunggulan delapan poin United di enam pertandingan terakhir pada musim lalu, untuk memenangi gelar liga Utama Inggris, dan Barry bersikukuh bahwa pasukan Mancini masih memiliki determinasi serupa.

"Ketika terdapat selisih yang kecil, yang penting adalah anda tidak tergelincir lagi. Jika kami mampu terus menempelnya, mudah-mudahan kami dapat berada di sana pada akhir musim," kata Barry

"Ini akan menjadi Natal yang besar dan melihat ke jadwal-jadwal pertandingan, mereka tidak ramah terhadap kami, dengan dua pertandingan tandang dengan jarak yang harus kami lalui dalam perjalanan. Mereka adalah lawan-lawan berat, namun kami memperlihatkan penampilan hebat di Newcastle dan kami harus melakukan hal yang sama sepanjang Natal," lanjut Barry.

Kapten City Vincent Kompany menghuni bangku pemain cadangan saat timnya menang atas Reading akibat menderita cedera pangkal paha, dan ia mungkin cukup bugar untuk kembali mengisi tim inti di Stadium of Light.

Penyerang Italia Mario Balotelli dapat kembali setelah pulih dari sakitnya, sedangkan Mancini akan berharap bek kiri Gael Clichy dan Aleksander Kolarov dapat mengatasi cedera-cedera minor yang menimpa mereka. Tetapi Samir Nasri, Micah Richards, dan Jack Rodwell semuanya absen sampai Tahun Baru.

Meski United masih unggul untuk saat ini, kekalahan terakhir City dari pasukan Alex Ferguson merupakan satu-satunya kekalahan mereka di Liga Utama Inggris musim ini, dan bek asal Pantai Gading Kolo Toure percaya sang juara bertahan telah mendemonstrasikan bahwa mereka akan kembali merebut gelar liga.

"Itu memberi keberanian pada kami sebab kami belum memainkan permainan terbaik untuk saat ini. Kami adalah sang juara, setiap tim tahu kami adalah sang juara. Mereka bermain 200 persen dan hal itu benar-benar menyulitkan kami," kata Kolo Toure.

"Kami hanya harus terus berjuang, terus menekan dan kami dapat menjadi lebih baik," tambah Toure

Pemain sayap Sunderland Adam Johnson diragukan dapat tampil menghadapi klub lamanya saat City mencari kemenangan perdana di Stadium of Light, selama hampir empat setengah tahun.

City menang 3-0 saat menjamu pasukan Martin O`Neills pada Oktober, namun mereka hanya membawa pulang satu poin dari tiga lawatan terakhir ke Wearside, dan kemenangan terakhir mereka didapat pada Agustus 2008.

Johnson terlihat mampu mengembalikan kemampuan terbaiknya, setelah gagal bersinar sejak didatangkan dengan biaya sepuluh juta pounds empat bulan silam.

Pemain internasional Inggris ini terpaksa digantikan karena masalah cedera paha pada babak kedua, ketika timnya menang 1-0 atas tuan rumah Southampton, yang membuat Sunderland unggul empat poin dari zona degradasi, dan O`Neill berharap sang gelandang dapat pulih tepat waktu.

"Saya berharap itu tidak terlalu serius, namun dari cara dia tertatih-tatih, itu tidak terlihat bagus," kata O`Neill.
(H-RF)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012