sebagai manusia biasa kita tidak luput dari kekhilafan dan kesalahan
Biak (ANTARA) - Ustadz Mashudi Yusuf Al-Hafizh , khatib shalat Id di lapangan hanggar Cenderawasih Pangkalan Udara Manuhua Biak, Papua, Sabtu mengatakan, Idul Fitri merupakan hari kemenangan bagi Umat Islam dalam melawan hawa nafsu di Ramadhan.

Oleh karena itu, khatib meminta umat Islam untuk menjaga tiga hal yakni membuka pintu maaf, menjalin silaturahmi serta saling berbagi kebaikan.

"Sebagai manusia biasa kita tidak luput dari kekhilafan dan kesalahan maka di hari raya Idul Fitri marilah kita buka pintu maaf seperti istri minta maaf kepada suami, anak kepada ibu bapak serta bermaaf-maafan dengan sesama tetangga atau lingkungan keluarga sekitar," ujar Ustadz Mashudi pada khutbah hari raya.

Ustadz Mashudi mengingatkan umat Islam menjaga amalan Ramadhan seperti sedekah, baca Al Quran dan shalat tahajud selepas bulan puasa.

Ia berharap, warga Muslim Biak Numfor yang telah menjalankan ibadah puasa Ramadhan hendaknya dapat melanjutkan dengan tradisi acara saling kunjungan sesama keluarga di lingkungan setempat.

"Predikat takwa yang disandang setelah menyelesaikan rangkaian ibadah puasa mendorong manusia untuk berbuat kebaikan secara terus menerus guna mengharapkan keberkahan dari Allah SWT," kata Imam Besar Masjid Agung Baiturrahman Biak itu.

Baca juga: Khatib: Idul Fitri jadi perekat persatuan umat beragama
Baca juga: Pesan kedamaian jadi tema besar khutbah Idul Fitri di Masjid Istiqlal

Ia mengingatkan, sebagus apapun amalan ibadah kita tetapi tidak mau menyambung silaturrahim dengan tetangga atau keluarga maka tidak bermanfaat untuk diri sendiri maupun orang lain.

"Datang menemui orang tua kita dan meminta maaf merupakan bakti anak kepada orang tua yang sangat mulia di hadapan Allah SWT," sebut Ustadz Mashudi Yusuf di hadapan 5.000 jemaah shalat Id.

Ustadz Mashudi berharap, umat Muslim terus meningkatkan kualitas ibadah shalatnya seperti apa yang telah dilaksanakan di bulan puasa Ramadhan 1444 Hijriah.

Pelaksanaan shalat Id 1 Syawal 1444 Hijriah Tingkat Kabupaten Biak Numfor itu berlangsung dengan aman, lancar dan kondusif hingga selesai meski cuaca kota Biak Numfor terlihat mendung dan hujan rintik-rintik sejak Sabtu dini hari.

Baca juga: Ribuan masyarakat Aceh shalat Idul Fitri 1444 Hijriah di Blang Padang

Pewarta: Muhsidin
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023