Penyaluran dana ini diharapkan bisa banyak ke penerima sebelum lebaran ini, atau H-1 sudah bisa disalurkan semua.
Jakarta (ANTARA) - Penyaluran bantuan uang sembako dari pemerintah yang ditugaskan melalui Kantorpos Jakarta untuk para pensiunan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) hingga sehari menjelang Lebaran 2023 mencapai 55,86 persen dari jumlah penerima yang dialokasikan.

Executive General Manager Kantorpos Cabang Utama (KCU) Jakarta Premier Pramono Jati Sumarsono dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu, mengatakan untuk data alokasi di Regional I Jakarta sebanyak 3.532 penerima, yang sudah tersalur sampai dengan Jumat pagi (21/4) di angka 1.973 penerima atau di 55,86 persen.

Kalau di Jakarta Primer, lanjutnya, jumlah alokasinya 2.333 penerima dan yang sudah tersalur sebanyak 1.156 penerima atau sebesar 49,55 persen.

"Penyaluran dana ini diharapkan bisa banyak ke penerima sebelum lebaran ini, atau H-1 sudah bisa disalurkan semua," katanya.

Baca juga: Pos Indonesia salurkan uang sembako pensiunan Pelindo Rp38,9 miliar

Pramono menambahkan dikarenakan proses pelaksanaan penyaluran bantuan uang sembako baru beberapa hari lalu, sehingga belum semua pensiun bisa mengambil.

"Setelah lebaran nanti diharapkan para pensiunan Pelindo bisa melakukan pengambilan dana bantuan sembako ini," ujarnya.

Pada kesempatan itu Pramono Jati juga mengingatkan bantuan dana sembako untuk para pensiunan Pelindo bisa diambil di seluruh Kantorpos terdekat di seluruh Indonesia.

"(Ketika) Lebaran, beberapa Kantorpos utama itu buka, jadi bisa dicairkan bahkan ketika lebaran di Kantorpos yang buka. Harapannya memang dana bantuan ini segera tersalurkan ke semua pensiunan Pelindo," katanya.

Para pensiunan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) sehari menjelang Lebaran yang jatuh pada 22 April 2023 mencairkan bantuan uang sembako di Kantorpos Tugu Jakarta, Utara.

Baca juga: Pos Indonesia salurkan BLT hasil cukai dan tembakau di Jateng

Para pensiunan Pelindo mengapresiasi Kantorpos yang menyalurkan dana Bantuan Uang Sembako dari BUMN pelabuhan tersebut.

"Untuk tahun kemarin (2022) juga dapat. Untuk tahun ini lebih besar dari tahun kemarin. sekitar Rp100 ribu-an (lebih tinggi)," ujar Enci Kasesi salah satu pensiunan PT Pelindo.

Menurut warga Kampugng Walang, Komplek Pelindo 2 itu Bantuan Uang Sembako yang diterimanya akan digunakan sesuai kebutuhan dan momentum Lebaran.

Pensiunan Pelindo lainnya, K.M. Rasyid menambahkan untuk nominal dananya sekarang Rp3.850.000 naik dari tahun sebelumnya Rp3.750.000.

"Tahun kemarin mengambil di Kantorpos, dan untuk pengambilannya mudah, asal datanya lengkap,"katanya.
 

Pewarta: Subagyo
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023