Sarana dan prasarana sudah lebih disiapkan sehingga akan menambah kenyamanan para penonton untuk melihat lomba
Batang, Jateng (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, menggelar lomba perahu naga untuk memeriahkan Lebaran 2023, yang akan dilaksanakan di Sungai Sambong, Minggu (23/4/2023).

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Batang Yarsono di Batang, Jateng, Sabtu, mengatakan saat ini arena lomba balap perahu naga atau lebih dikenal "lomban" ini diperkirakan akan lebih meriah karena fasilitas di lokasi itu lebih lengkap dan nyaman untuk para penonton.

"Ya, sarana dan prasarana sudah lebih disiapkan sehingga akan menambah kenyamanan para penonton untuk melihat lomba balap perahu naga bersama keluarga. Tinggal bagaimana nanti panitia mengatur jalannya acara," katanya.

Ia mengatakan arena lomba balap perahu naga yang menghabiskan dana sebesar Rp36 miliar dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) itu kini sudah selesai dibangun.

"Betul, arena balap perahu naga sudah selesai pembangunannya. Pembangunan tahap pertama sepanjang 500 meter sekaligus normalisasi sungai kini sudah selesai sehingga siap untuk menggelar lomba perahu naga," katanya.

Menurut Yarsono, pembangunan tahap pertama untuk tengara (landmark) lomba yaitu tribun penonton di kanan dan kiri sungai bisa menampung 500 orang.

Kemudian, kata dia, landmark itu juga akan dilengkapi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), arena balap perahu remote control, serta, jalan menuju arena.

"Panjang jalan menuju lokasi arena sekitar 170 meter, lebar 6 meter, dan terhubung menuju jalan Pantai Sigandu. Jadi, nantinya pengunjung bisa ke lokasi objek wisata Sigandu setelah selesai menonton lomba perahu," katanya.

Ia berharap lomba balap perahu naga pada 2023 dapat dihadiri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

"Melihat potensi lomban sekaligus sejalan dengan program pengendalian banjir sehingga Kementerian PUPR menunjuk BBWS Pemali Juana untuk mengerjakan proyek itu," katanya.

Baca juga: Menteri PUPR "ngabuburit" dengan pemudik di tempat istirahat 379A
Baca juga: Jemput warga mudik, Pemkab Batang berangkatkan bus gratis ke Jakarta
Baca juga: Pemkab Batang tetapkan 32 desa wisata

Pewarta: Kutnadi
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023