Jakarta (ANTARA) - Borussia Dortmund naik ke posisi puncak klasemen sementara Liga Jerman usai menekuk Eintracht Frankfurt dengan skor 4-0 pada pekan ke-29 di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, Sabtu waktu setempat.

Pada pertandingan tersebut, kemenangan Borussia Dortmund hadir berkat gol yang dicetak oleh Jude Bellingham, Donyell Malen (2) dan Matt Hummels, demikian catatan Liga Jerman.

Borussia Dortmund kini menempati posisi pertama klasemen sementara Liga Jerman dengan torehan 60 poin dari 29 laga, sedangkan Eintracht Frankfurt masih tertahan di peringkat 9 dengan raihan 42 poin.

Keberhasilan Dortmund naik ke posisi pertama klasemen sementara tidak terlepas dari kekalahan Bayern Muenchen dari Mainz dengan skor 1-3.

Baca juga: Dortmund taklukkan Union Berlin, RB Leipzig tekuk Hertha Berlin

Pada pertandingan kontra Frankfurt, Dortmund tercatat tampil sedikit dominan dengan torehan 55 persen penguasaan bola dan melepaskan 14 tendangan yang tujuh di antaranya tepat sasaran.

Dortmund mampu unggul cepat pada menit ke-19 ketika umpan Julian Brandt dapat diterima oleh Bellingham yang selanjutnya melepaskan tendangan yang membobol gawang Frankfurt sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Skuad asuhan Edin Terzic berhasil menggandakan keunggulan melalui gol yang dicetak oleh Malen memanfaatkan umpan Karim Adeyemi sehingga skor berubah menjadi 2-0 pada menit ke-24.

Baca juga: Frankfurt kembali ke jalur kemenangan setelah pukul Bremen 2-0

Dortmund tidak mengendurkan serangan dan mampu menambah keunggulan menjadi 3-0 pada menit ke-41 berkat sundulan dari Mats Hummels memanfaatkan umpan silang dari Raphael Guerreiro. Skor tersebut bertahan hingga babak pertama usai.

Pada babak kedua Dortmund terus menggempur lini pertahanan Frankfurt dan berhasil unggul menjadi 4-0 berkat gol kedua dari Malen pada menit ke-66.

Selanjutnya Borussia Dortmund dapat mengamankan keunggulan atas Eintracht Frankfurt sehingga skor 4-0 untuk kemenangan tuan rumah tetap bertahan.

Borussia Dortmund selanjutnya akan bertandang ke markas Vfl Bochum pada pekan ke-30 Liga Jerman, Sabtu (29/4), sedangkan Eintracht Frankfurt akan menjamu Augsburg, di hari yang sama.
 
Berikut hasil lengkap Liga Jerman pekan ke-29:

Augsburg 1 - 1 Vfb Stuttgart

Hoffenheim 1 - 3 Koln

Vfl Bochum 1 - 5 Wolfsburg

Hertha Berlin 2 - 4 Werder Bremen

Mainz 3 - 1 Bayern Muenchen

Borussia Dortmund 4 - 0 Eintracht Frankfurt

Jadwal Liga Jerman pekan ke-29, Minggu (23/4):

SC Freiburg vs Schalke 20.30 WIB

Bayer Leverkusen vs RB Leipzig 22.00 WIB

Senin (24/4)

Monchengladbach vs Union Berlin 00.30 WIB.

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023